Kota Pariaman Terima Kunjungan DPRD Kepulauan Mentawai

Pariaman (SUMBAR), beritaterbit.com Berkat kerja keras Pemerintah Kota (Pemko) beserta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pariaman, dunia pendidikan di Kota Pariaman maju dan berkembang pesat. Tak heran jika Kota Pariaman menjadi salah satu tujuan studi tiru instansi terkait di luar Sumatera Barat. Pemko Pariaman melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman menjadi percontohan bagi daerah lain di Sumbar maupun di luar Sumbar.

Sebelumnya Disdikpora Kota Pariaman telah dikunjungi oleh DPRD dan Pemerintah Kota Solok, kemudian kunjungan dari Sekretariat Daerah dan DPRD Kabupaten Agam serta kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Kali ini DPRD Kepulauan Mentawai mengunjungi Kota Pariaman. Menurut keterangan Humas Pemko Pariaman dalam rilisnya hari ini, kunjungan DPRD Kepulauan Mentawai dilaksanakan Kamis (11/2). 

Rombongan DPRD Kepulauan Mentawai diterima langsung oleh Kadis Dikpora Kota Pariaman Kanderi dan didampingi oleh Sekretaris Disdikpora Kota Pariaman hartati Taher, Sekretaris Disparbud Kota Pariaman, BPKPD Kota Pariaman serta Sekretaris DPRD Kota Pariaman.

“Hari ini kita kembali menerima kunjungan dari daerah lain. Kali ini yang mengunjungi Kota Pariaman adalah DPRD Kepulauan Mentawai. Mereka mengunjungi Disdikpora Kota Pariaman karena tertarik dengan beberapa program yang telah berhasil kita laksanakan sampai saat ini. Mulai dari pengeloaan dana BOS, Bantuan Keuangan Khusus, Kartu Pariaman Pintar, Pemberian insentif guru honor, Program Satu Keluarga satu Sarjana (Sagasaja) sampai peningkatan kualifikasi akademi pendidik PAUD,” ungkap Kepala Disdikpora Kota Pariaman Kanderi.  

Kota Pariaman memang selalu fokus pada dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman wajib belajar 12 tahun. Dilanjutkan dengan program Sagasaja yang telah berjalan sejak Tahun 2019 sampai sekarang. Banyak kerjasama yang telah dilakukan Pemko Pariaman dengan politeknik dan universitas di Indonesia untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Selain tertarik dengan Sagasaja, pada kunjungan ini kita juga menjelaskan seperti apa Disdikpora Kota Pariaman mengelola dana bos dan bantuan keuangan khusus. Untuk pengelolaan dana BOS, kita melaksanakannya sesuai dengan regulasi dan petunjuk yang ditetapkan. Sementara bantuan keuangan khusus kita gunakan salah satunya untuk biaya pendidikan SMA/SMK di Kota Pariaman sehingga pelajar yang menuntut ilmu di Kota Pariaman tingkat SMA/SMK tidak dipungut biaya atau gratis dan ini telah kita laksanakan sejak Tahun 2019,” ujarnya.

Kanderi berharap apa yang telah kita paparkan tadi bisa diteliti dan diterapkan di Kepulauan Mentawai. Sebaliknya apa yang telah disampaikan oleh DPRD Kepulauan Mentawai bisa kita pelajari sehingga pertukaran informasi ini sangat dirasakan manfaatnya.

Sementara itu rombongan DPRD Kepulauan Mentawai yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Yosep Sarogdok sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pariaman khususnya didunia pendidikan.

“Kunjungan kerja yang kita lakukan hari ini terkait dengan pengelolaan dana BOS di Kota Pariaman umumnya dan bagaimana pedulinya Pemerintah Kota Pariaman terhadap dunia pendidikan khususnya. Banyak hal yang telah kita diskusikan sehingga apa yang telah disampaikan Kepala Disdikpora Kota Pariaman bisa kita pelajari dan diterapkan di Kepulauan Mentawai,” ungkapnya.

Banyak persoalan dan keluhan yang terjadi saat ini di Kepulauan Mentawai khususnya tentang pengelolaan dana BOS dan yang lainnya. Kunjungan kerja ke Kota Pariaman merupakan salah satu langkah yang dilakukan DPRD untuk mendapatkan referensi sebelum melakukan reses pada bulan Maret nanti. Karena Kota Pariaman merupakan kota pertama di Provinsi Sumatera Barat yang sukses didunia pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi.

“Kita akan terjun langsung ke lapangan pada bulan Maret 2021. Referensi telah kita dapati dari Kota Pariaman semoga nanti bisa kita terapkan dan tidak ada lagi masalah dan keluhan. Sekali lagi kami DPRD Kepulauan Mentawai mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemko Pariaman khususnya Disdikpora yang telah banyak memberikan informasi yang sangat bermanfaat bagi kami DPRD Kepulauan Mentawai,” tutupnya. (Z.Z/MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.