Kodim 0708 Purworejo Laksanakan Garjas Periodik II Tahun 2021

Purworejo, beritaterbit.com – Kodim 0708 Purworejo melaksanaan Garjas periodik II Tahun 2021 selama dua hari pada tanggal 10 dan 11 November 2021 di lapangan Yok Mekanis Raider 412/BES/Kostrad, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dalam tes kesegaran jasmani yang diikuti oleh seluruh prajurit Bintara dan Tamtama tersebut ditinjau langsung oleh Tim Jasrem 072/Pamungkas.

Kajasrem 072 Pamungkas, Kapten inf. Susanto menyampaikan, kegiatannya untuk meninjau pelaksanaan garjas yang di laksanakan oleh satuan Kodim 0708 Purworejo, yang rutin dilakukan oleh semua prajurit setiap enam bulan sekali untuk mengukur kemampuan prajurit.

“Pada pelaksanaan semapta meliputi kesegaran jasmani A. lari 12 menit dan kesegaran B. meliputi Pull Up, Shits Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan di lanjutkan dengan renang dasar 50 meter,” ucapnya saat ditemui disela-sela kegiatan, Kamis (11/11/2021).

Lebih lanjut, Kajasrem mengatakan, semua kodim sudah dapat menyelenggarakan sendiri namun masih sedikit kekurangan yang perlu disempurnakan.

“Yang perlu jadi perhatian adalah faktor keamanan, terutama tensi serta personil yang sakit jangan sampai melaksanakan. Apabila peserta tidak memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti garjas maka disaranan tidak melaksanakan,” katanya.

Kajasrem menambahkan, untuk personil yang akan mengikuti sekolah ada tes tersendiri tetapi untuk yang akan melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat (UKP) apabila yang bersangkutan sakit tidak melaksanakan bisa diambil dari tes garjas tersebut.

“Tes kesegaran jasmani ini berguna untuk mengukur kemampuan prajurit dan juga menunjang prajurit dalam rangka persyaratan pendidikan dan kenaikan pangkat,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwira seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0708 Purworejo Kapten Inf. Daryanta menjelaskan, untuk tes kesegaran jasmani tersebut merupakan hal yang mutlak tidak terlepas dari kehidupan prajurit TNI.

“Sehingga untuk mencapai nilai standar minimum tetap diperlukan pembinaan dan latihan secara terus menerus untuk mencegah terjadinya cidera atau hal-hal yang tidak diinginkan,” singkatnya. (Ndari)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.