Kejari Gayo Lues Gelar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gayo Lues

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023 kembali digelar. Pemilihan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya, kerjasama antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Kejaksaan Tinggi Aceh sejak tahun 2017.

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum bertempat di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Gayo Lues pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 pukul 10:00 Wib sampai dengan selesai.

Seleksi tersebut diikuti oleh 16 (enam belas) SMA/SMK yang ada di Gayo Lues, namun karena ada 2 (dua) sekolah yang tidak hadir maka yang mengikuti seleksi sebanyak 14 (empat belas) sekolah. Tiap sekolah mengirimkan 2 (dua) orang perwakilan yang terdiri dari 1 (satu) putra dan 1 (satu) putri.

Adapun hadiah dalam seleksi tersebut yaitu Juara I uang tunai Rp 3 juta, Juara II uang tunai Rp 2 juta, dan Juara III uang tunai Rp 1,5 juta. Masing-masing juara juga memperoleh piala, medali dan sertifikat.

Pada seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tahun 2023 kali ini, materi atau tema yang diangkat berkaitan dengan Kejaksaan, Korupsi, Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Napza. Adapun yang menjadi materi penilaian yaitu pandangan peserta terhadap kesadaran hukum dalam masyarakat, jawaban terhadap pertanyaan juri, penyampaian komitmen dan harapan apabila menjadi duta sadar hukum, serta sikap dan perilaku dari peserta.

Adapun yang menjadi juri adalah 5 (lima) orang dari Kejaksaan Negeri Gayo Lues yaitu Kasi Intelijen Kejari Gayo Lues, Handri, S.H; Kasi Datun Kejari Gayo Lues, Yusril Ardi, S.Kom., S.H., M.CIO; Kasubsi Prapenuntutan Kejari Gayo Lues, Octafian Haji Kusuma, S.H; Jaksa Fungsional Kejari Gayo Lues, Maulana Fajri Adrian, S.H; dan Staf Intelijen Kejari Gayo Lues, Koko Prayoko, A.Md.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H; Kacabdin Gayo Lues, Basri, S.Pd; Kasi Tendik, Guru dan Kesiswaan, Taufiq, S.Pd., M.Pd; Kasi Intelijen Kejari Gayo Lues, Handri, S.H; Kasi Datun Kejari Gayo Lues, Yusril Ardi, S.Kom., S.H., M.CIO; Kasubsi Prapenuntutan Kejari Gayo Lues, Octafian Haji Kusuma, S.H; Jaksa Fungsional Kejari Gayo Lues, Maulana Fajri Adrian, S.H; Staf Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Pegawai Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Para Guru Pendamping Duta Pelajar tiap SMA/SMK se-Kabupaten Gayo Lues, serta Para Pelajar Perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten Gayo Lues.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Basri, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gayo Lues merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda penerus bangsa. Dimana dengan memahami hukum yang ada diharapkan generasi muda dapat terhindar dari perilaku yang menyimpang dari hukum itu sendiri.

Selain itu, Ali Nurdin, S.H.. M.Pd juga menyampaikan bahwa seluruh peserta yang ada merupakan siswa/siswi terbaik yang di sekolah masing-masing sehingga dapat menjadi duta sadar hukum. Kendati demikian tetap ada yang terbaik dari yang baik untuk mewakili Kabupaten Gayo Lues dalam seleksi Duta Sadar Hukum Tingkat Provinsi Aceh nantinya.

Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H menyampaikan bahwa pendidikan membawa peran penting dalam kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu kesadaran hukum harus ditanamkan kepada pelajar sejak dini.

Kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum merupakan salah satu upaya guna menciptakan generasi yang mampu berperan dalam kemajuan tersebut. Dengan adanya kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum diharapkan mampu memperkuat karakter pelajar sebagai penerus bangsa yang unggul, berkualitas, berkarakter kebangsaan dan taat pada aturan hukum yang berlaku.

Sehingga nantinya duta pelajar sadar hukum ini bisa menjadi contoh dan pelopor dilingkungan sekolah maupun dalam masyarakat umumnya.

Kemudian hasil dari seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023 tersebut yaitu:

Juara 1 Putra SMAN 1 Blangkejeren dengan total nilai 157, Juara 2 Putra SMAN Seribu Bukit dengan total nilai 152, Juara 3 Putra SMKN 2 Blangkejeren dengan total nilai 138.

Juara 1 Putri SMAN 1 Blangkejeren dengan total nilai 156, Juara 2 Putri SMAN 1 Terangun dengan total nilai 152, Juara 3 Putri SMAN Seribu Bukit dengan total nilai 148.

Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi berinisiatif untuk memberikan hadiah tambahan berupa uang tunai kepada kategori favorit. Hal tersebut sebagai apresiasi yang diberikan oleh Kajari karena para peserta sesungguhnya telah berupaya sebaik mungkin dalam memberikan penampilan yang terbaik, semoga
kedepannya lebih ditingkatkan.

Kemudian untuk peserta yang terpilih sebagai Duta Pelajar Sadar Hukum yang nantinya mewakili Gayo Lues di tingkat Provinsi harus benar-benar dibina dan ditingkatkan lagi pengetahuannya. Sehingga dapat memberikan penampilan terbaik pada seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Provinsi Aceh.

Kegiatan Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023 berjalan dengan aman, lancar dan dipenuhi oleh antusias para peserta, serta berakhir sekira pukul 17:00 WIB, jelas Kepala Seksi Inteljen Hendri, SH (Jaksa Muda).

Penulis: Junaidi

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.