Kasrem 131/Santiago Sampaikan Amanat Pangdam: Prajurit Kodam XIII/Merdeka Harus Jadi Patriot NKRI yang Prima Dalam Pelaksanaan Tugas

Manado, Beritaterbit.com – Korem 131/Santiago menggelar upacara bendera 17-an bulan Maret tahun 2024, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi bertindak sebagai Inspektur upacara dan membacakan amanat Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Senin (18/3/2024) di lapangan upacara Markas Korem 131/Santiago.

Melalui sambutannya yang dibacakan Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, Pangdam mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka yang telah menunjukkan kinerja optimal atas tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Dikatakannya, bahwa profesionalisme prajurit TNI adalah suatu keniscayaan baik yang berdinas di Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur), Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin) maupun yang di satuan Teritorial.

“Oleh karena itu, jangan pernah berhenti menempa diri untuk terus berkembang menjadi prajurit-prajurit Kodam XIII/Merdeka yang profesional di bidangnya masing-masing,” katanya.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah kepada seluruh prajurit dan PNS yang beragama Islam.

“Semoga semuanya dapat menjalankan ibadah puasa pada tahun ini dan ibadah ibadah lain yang menyertainya dengan sebaik baiknya,” ucap mantan Dandim 1310/Bitung tersebut.

Dalam pelaksanaan tugas, Pangdam berpesan agar para Prajurit Kodam XIII/Merdeka harus menjadi seorang patriot NKRI yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif), serta selalu siap digerakkan kapanpun untuk menghadapi setiap kontijensi yang muncul.

Selain itu, menjaga nama baik satuan dan citra TNI AD serta menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, melanggar hukum dan bisnis haram lainnya.

Kemudian hindari bentrokan dengan rekan kita dari Polri maupun dengan masyarakat, selesaikan setiap masalah yang timbul secara arif dan bijaksana serta jangan memaksa dengan kekerasan atau main hakim sendiri dan wujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di mana pun kalian bertugas dan berada.

“Kodam XIII/Merdeka dan seluruh satuan jajarannya harus dapat bersinergi dengan satuan-satuan TNI yang lain, baik dari matra laut maupun matra udara, dan juga dengan seluruh komponen bangsa lainnya, baik Polri, pemerintah daerah maupun instansi terkait lainnya,” ujar Kasrem.

Selanjutnya kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka, Pangdam menekankan untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas serta dalam kehidupan sehari hari.

Sadari bahwa Kodam XIII/Merdeka adalah tempat kita bernaung saat ini. Jaga harkat dan martabat serta wibawa Kodam XIII/Merdeka dengan segenap hati dan perbuatan, laksanakan semua tugas dengan niat berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas, demi kejayaan Kodam XIII/Merdeka.

Selalu bersinergi bersama seluruh komponen bangsa yang ada di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah untuk saling bahu-membahu mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

“Selamat bertugas dan tetap semangat semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan untuk kita dapat terus berbakti kepada satuan, rakyat, bangsa dan negara Indonesia tercinta,” pungkas mantan Kadispenad tersebut.

Penulis: Deki-Robby Pesik

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.