Hujan Seketika Krueng Meuh Meuluap, Pante Karya Banjir Bandang

Bireuen, beritaterbit.com – Desa Pante Karya Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh merupakan desa tertinggal yang terletak di pedalaman selatan Kecamatan Peusangan Siblah Krueng 36 km dari Pusat Pemerintah Bireuen.

Bila hujan seketika dihulu sungai Krueng Meuh maka imbasnya Desa Pante Karya Leubok Seutui mencakup Dusun Sarah Mulia dan Dusun Cot Jeumpa maka pasti terjadi banjir karena luapan Krueng Meuh.

Seperti hujan pada Kamis 4 Mei 2023 sekitar pukul 16.00 WIB, Desa Pante Karya dilanda banjir luapan Krueng Meuh.

Kepala Desa Pante Karya Hasdairin kepada Wartawan media online Beritaterbit.com, Jumat 5 Mei 2023 di Matangglumpangdua mengatakan bahwa dalam tahun 2023 sudah 3 kali Krueng Meuh meluap menbanjiri Desa Pante Karya.

Pada bulan Maret lalu terjadi luapan di malam hari sehingga sejumlah warga menyelamatkan diri lari ke daerah Perbukitan Bukit Sudan Peusangan Siblah Krueng dan Pulau Harapan Kecamatan Peusangan Selatan. Bulan Januari juga sejumlah warga mengosongkan rumahnya dan mencari tempat aman ke perbukitan.

Hasdairin menambahkan bahwa di Desa Pante Karya telah dibangun waduk bendungan penampung air Irigasi Seuke Peulot. Sudah belasan tahun namun prosesnya belum selesai pengerukan bukit dan pintu air. Maka letak Desa Pante Karya rendah dan bendungan waduk belum bisa dibuka maka luapan Sungai Krueng Meuh pasti menerjang desa.

Untuk itu pihaknya bersama Camat Peusangan Siblah Krueng Azhari S.Sos telah melaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bireuen untuk bisa mengantisipasi banjir yang sering melanda Desa Pante Karya dan merusak perkebunan warga dan permukiman penduduk.

Sebagaimana diketahui bahwa antara Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dan Kecamatan Peusangan Selatan ada 4 anak sungai yaitu Krueng Meuh Leubok Seutui yang berbatuan besar besar, Krueng Gunci, Krueng Pineung dan Krueng Simpo yang hilirnya satu muara ke Krueng Peusangan di Desa Suak Peusangan Selatan.

Di sekitar muara Desa Suak ratusan hektar tanah penduduk kebun tanaman pinang, kelapa, kemiri, coklat dan rambutan milik penduduk Desa Pulau Harapan, Darussalam, Tanjong Beuridi, Blang Mane, Suak amblas ke sungai bila terjadi hujan dan banjir. Demikian juga Desa Pante Karya dan Bukit Sudan.

Akibat dari luapan Krueng Meuh, jalan menuju ke Leubok Seutui terus ke Pulau Harapan rusak berat dan sulit untuk dilalui dan waduk bendungan irigasi Seuke Peulot tergenang banjir. Akses warga dari berbagai desa ke Leubok Seutui maupun sebaliknya ikut terganggu dan tidak bisa dilewati.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.