Hafnidar A Rani Guru Besar Pertama Non ASN Dari Aceh

Banda Aceh, Beritaterbit.com – Prof. Dr. Hafnidar A. Rani MT Dosen Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) berhasil meraih gelar Profesor sebagai Guru Besar dari kaum hawa pertama non ASN (Aparatur Sipil Negara) di Wilayah LLDikti XIII Aceh.

Gelar akademik tersebut diserahkan secara resmi oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh, Dr. Rizal Munadi MT, Senin 10 Juli 2023 di lantai 5 Aula Gedung LLDdikti Wilayah XIII Aceh di Banda Aceh.

Dalam acara yang dihadiri sejumlah akademisi, Prof. Dr. Hafnidar A. Rani MT menerima salinan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi tentang pengangkatannya sebagai Guru Besar.

Hafnidar tercatat sebagai Dekan Fakultas Teknik Unmuha. Dia menjadi dosen pertama non ASN yang meraih gelar Guru Besar dari Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Menurutnya, proses untuk mencapai gelar tersebut sangat panjang, dramatis dan penuh liku-liku.

“Perjuangannya memakan waktu hingga 5 tahun dan membutuhkan kesabaran ekstra. Proses di LLDikti juga memakan waktu hingga 2 tahun,” kata Hafnidar kepada para awak media, Selasa 11 Juli 2023.

Hafnidar berharap, gelar yang diperolehnya dapat menjadi inspirasi dan memberikan manfaat serta motivasi kepada dosen lainnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Universitas Muhammaddiyah maupun Universitas Swasta lainnya di Provinsi Aceh.

Prof. Dr. Hafnidar juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada LLDikti XIII Aceh, Rektor Unmuha dan civitas akademika Unmuha atas dukungan yang diberikan selama ini.

Hafnidar berharap gelar Guru Besar yang diraihnya itu menjadi berkah dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat, terutama bagi kampus Unmuha.

Untuk diketahui, cerita hidup Hafnidar juga telah ditulis dalam buku berjudul “Hafnidar Perempuan Aceh Menerjang Badai” yang ditulis oleh Maskur Abdullah, seorang jurnalis. Buku tersebut menceritakan kisah hidup Hafnidar sebagai wanita pejuang dan penyintas tsunami.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.