Dinas Pendidikan Tulungagung Mensosialisasikan Inventarisasi Barang Milik Daerah Berbasis E BMD

Tulungagung, beritaterbit.com – Bertempat di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, pelaksanaan sosialisasi inventarisasi barang milik daerah melalui sistem manajemen berbasis website atau E BMD digelar, Selasa (12/12/23).

Acara digelar selama dua hari, pertama di ikuti 130 peserta, hari kedua di ikuti 117 peserta, yang terdiri dari lembaga sekolah dasar dan menengah serta korwil.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung melalui Staf Pengurus Barang, Edi Cahyono saat ditemui mengatakan, sistem pelaporan barang milik daerah (BMD) melalui manajemen berbasis website tergolong baru.

“Jadi perlu dilakukan pemaparan melalui sosialisasi seperti ini agar lembaga di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung dapat mengerti dan memahami,” tutur Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, terkait tahun 2024 dengan sistem yang baru, laporan aset atau barang milik daerah akan dirangkum dan dilaporkan melalui website milik kementerian jadi lebih detail dan jelas serta mudah dibaca, karena pelaporannya tersebut tercatat dalam websitenya kementerian.

Edi menambahkan, “Obyek inventarisasi barang milik daerah meliput dua hal yaitu barang modal dan barang penyediaan, barang modal yaitu dengan nilai satu misalnya peralatan mesin, jaringan irigasi, gedung dan bangunan, sedangkan barang penyediaan yaitu barang habis pakai seperti alat tulis kantor,” bebernya.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung berharap, dengan sistem pelaporan berbasis website dapat tercipta suatu laporan yang akuntabel dan bermutu di lembaga sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, sehingga menghasilkan suatu laporan yang lebih bagus,” jelas Edi.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.