Di Bengkulu Ada 98 Ribu Pengguna QRIS, BI Akan Implementasikan Hingga Arab Saudi

Bengkulu, beritaterbit.com – QRIS telah dimanfaatkan oleh 98.297 orang di Bengkulu pada tahun 2022. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat masih 20.512 orang.

Bank Indonesia (BI) akan memperluas implementasi QRIS hingga ke Arab Saudi. Sehingga jamaah umroh dan haji tidak perlu membawa uang tunai lagi ketika pergi beribadah ke tanah suci.

Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Darjana mengatakan, BI memang sedang mengupayakan untuk memperluas jangkauan QRIS agar bisa dimanfaatkan oleh jamaah umroh dan haji di Arab Saudi. Sehingga jamaah umroh dan haji nantinya tidak perlu membawa uang tunai lagi dan hanya perlu membawa handphone saat berbelanja di Arab Saudi.

“Betul BI sedang mengupayakan hal tersebut semoga itu bisa terealisasi dengan baik,” ujar Darjana, Kamis (16/2).

Menurut Darjana, dengan dilakukannya implementasi tersebut maka dapat mendorong peningkatan transaksi digital dari jamaah haji dan umroh asal Indonesia di luar negeri. Tidak hanya itu, jumlah pengguna transaksi digital juga akan semakin meningkat.

“Tentu saja harapan kita transaksi digital meningkat dan penggunanya juga meningkat,” ujar Darjana.

Tidak hanya itu Darjana mengaku, QRIS juga akan diimplementasikan di Malaysia dan Singapura. Bahkan pihak BI menyebutkan bahwa QRIS bisa digunakan di Malaysia pada Agustus 2023 mendatang.

“Kita berharap banyak negara bisa menerapkan QRIS, sehingga memudahkan masyarakat Indonesia yang berkunjung dalam melakukan transaksi pembayaran,” tuturnya.

Melihat implementasi QRIS yang akan sangat luas, Darjana berharap masyarakat Bengkulu yang belum memanfaatkan layanan ini agar segera memanfaatkannya. Sebab QRIS ini tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi pembayaran saja, tetapi juga bisa digunakan untuk donasi, pembayaran zakat dan infak.

“Kita harapkan semakin banyak masyarakat dan pelaku usaha di Bengkulu yang memanfaatkan QRIS,” ujarnya.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.