Desa Titipasir Akan Laksanakan Bejamu Saman Roa Lo Roa Ingi Atara Desa Uring

Aceh Tenggara, beritaterbit.com – Desa Titipasir Kabupaten Aceh Tenggara akan laksanakan kegiatan Bejamu Saman Roa Lo Roa Ingi Atara Kampung Uring Kabupaten Gayo Lues. Persiapan Bejamu Saman ini sudah dilakukan beberapa minggu dan beberapa hari di bulan-bulan kemarin sampai bulan ini. Latihan Saman ini juga terus dipantau oleh Pengulu Kampung Titipasir Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara, dimana latihan Saman ini dilakukan di malam hari.

Latihan tari Saman pada malam hari ini langsung ditinjau oleh Raja Sunatan Penghulu Akbarudin serta tokoh adat dan masyarakat Desa Titipasir.

“Insya Allah pada tanggal 15 Oktober 2022 ini, Kampung Titipasir akan dijamu oleh Kampung Uring Kabupaten Gayo Lues sehingga cara tradisional Bejamu Saman tersebut akan digelar pada tanggal 15 Oktober 2022 di Kampung Uring,” tutur Pengulu Kampung Titipasir, Kamis (06/10/2022).

Tradisi tari Saman ini sudah menjadi turun temurun dari Zaman Neneng moyang kita, manfaat Bejamu Saman Roa Lo Roa Ingi ini sangat banyak diantaranya menjalin silaturahmi antara kedua kampung dan antara kedua kabupaten sehingga cara melaksanakannya pun sangat meriah di kampung tersebut. Selain menjaga silaturahmi antara kedua kampung dan bahkan ada terjalin persaudaraan masyarakat Kampung Titipasir dan Kampung Uring.

Adat istiadat tradisi tari Saman Roa Lo Roa Ingi ini pun sesuai adat Sampung Uring dan adat Kampung Titipasir dimana adat tersebut menganut adat-istiadat Gayo.

Sehingga Bejamu Saman atara kedua kampung ini bisa terjadi karena adanya kesempatan antara kedua kampung tersebut dengan cara meminang kampung yang dituju sebagai jamu Saman dari Kampung Uring.

Siap nanti dari Kampung Uring, baru masyarakat Kampung Uring pergi ke Kampung Titipasir melaksanakan kegiatan Tari Saman Roa Lo Roa Ingi tersebut.

Oleh karena itu tradisi Bejamu Saman Roa Lo Roa Ingi ini sangat menjaga silaturahmi masyarakat antara kedua kampung tersebut, sebagai panutan adat istiadat Gayo menjadi turun temurun.
(Abdi anugrah)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.