Cot Bada Jeumpa Bireuen Gampong Tangguh Anti Narkoba

Bireuen,Beritaterbit.com – Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat,SH,SIK,M.Si memimpin Lounching Gampong Cotbada Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen,Aceh sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba,Selasa 29 Jujni 2021 di Komplek Meunasah Gampong tersebut.Prosesi pelaksanaan acara seremonial yang dihadiri berbagai kalangan dari pemerintah, BNN, tokoh agama , para Keuchik serta elemen masyarakat lainnya bertujuan untuk menuju hidup sehat dan produktif tanpa narkoba, sehingga dengan mudah dapat meningkatkan ekonomi kreatif dan inovatif

Keuchik Gampong Cotbada, Bahrul Fazal yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Bireuen dalam sambutannya saat prosesi launching menyatakan sangat terharu dan bangga sekaligus mengapresiasi atas terpilihnya Cotbada sebagai salah satu desa tangguh anti narkoba.

“Saya selaku Keuchik Gampong ( Kepala Desa) berjanji akan terus berupaya keras bersama aparatur gampong,Lembaga Gampontg ( Tuha Peut,Teungku Imum serta masyarakat tetap mendukung langkah-langkah dalam pemberantasan narkoba yang merupakan musuh kita bersama” Sebut Bagrul Fasal..

Disebutkan , pihaknya mengapresiasi kinerja aparat kepolisian serta pihak terkait yang telah bekerja keras, dalam memberantas narkoba serta menindak tegas jaringan pengedar narkoba di wilayah hukum Polres Bireuen serta telah menobatkan Kampung Tangguh Anti Narkoba Cotbada yang merupakan program Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat, SH,SIK, M.Si.

Sementara Kapolres Bireuen, Taufik Hidayat,SH,SIK,M.Si mengatakan bahwa Gampong Cot Bada merupakan satu-satunya dan pertama desa di Kabupaten Bireuen yang ditetapkan untuk program tersebut, sehingga diharapkan dapat diikuti oleh desa lainya dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

“ Dari 100 persen tindak pidana yang terjadi di Kabupaten Bireuen, 80 persen di antaranya penyalahgunaan narkoba,” ungkap Kapolres Bireuen, seraya menambahkan, penyalahgunaan narkoba, sudah masuk kategori berbahaya. Dan masalah itu bukan dari berapa banyak barang bukti yang diamankan pihak kepolisian, namun betapa dinamisnya tersangka yang ditangkap dari berbagai latar belakang dan usia.

Terkait masalah tersebut, Kapolres Bireuen mengharapkan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bireuen harus menjadi perhatian khusus semua pihak, tetapi tidak semua mereka di pidana akan tetapi ada yang perlu penyalahgunaan narkoba direhabilitasi, sebab sebahagian pengguna juga bagian dari korban juga.

Pak Kapolres Taufik Hidayat sangat setuju dan mendukung Kabupaten Bireuen dibangun panti rehabilitasi narkoba karena merupakan salah satu instrumen berjalannya pencegahan narkoba.

“ Gampong Cotbada Kecamatan Jeumpa ini menjadi contoh bagi Gmpong lainnya dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Dinobatkan sebagai Gampong tanguh anti narkoba berarti ada peran semua pihak untuk lebih menekan penyalahgunaan narkoba,” harapnya sembari meminta masyarakat di Cotbada semakin berperan dan ikut berpartisipasi dalam upaya kita bersama memerangi narkoba. (Tim)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.