Bupati Trenggalek Tinjau Langsung Pengisian Awal Bendungan Tugu

Trenggalek, Beritaterbit.com – Bupati Trenggalek H.Muhammad Nur Arifin bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Dr. Ir. Muhammad Rizal, M.Se.,menandai pengisian tahap awal Bendungan Tugu di Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, Selasa (21/9/2021).

Kepala BBWS Brantas Dr. Ir. Muhammad Rizal, M.Se, menjelaskan, satu tahapan akan kita mulai hari ini, pengisian Bendungan Tugu yang rencananya akan diresmikan Bulan November nanti, jelasnya.

Ditambahkan Muhammad Rizal, Bendungan Tugu mampu menampung 9,5 m³ air dan memiliki banyak fungsi diantaranya reduksi banjir, sarana irigasi, suplai air baku serta pembangkit listrik dan beberapa fungsi lainnya.

Kepala BBWS Brantas menerangkan rencananya akan dibangun 3 bendungan di Kabupaten Trenggalek yaitu Bendungan Tugu, Bendungan Bagong dan Bendungan Kampak.

”Saat ini pembangunan Bendungan Tugu hampir mencapai tahap akhir dan Bendungan Bagong tengah berproses, saya harapkan dukungan yang sama dari para pihak sehingga Bendungan Bagong juga bisa diselesaikan dengan baik dan kita menginjak pada pembangunan Bendungan Kampak,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin tidak bisa menyembunyikan rasa terima kasih kepada semua pihak termasuk para Bupati pendahulu, sehingga salah satu proyek strategis Nasional ini bisa diselesaikan pembangunannya. “Bendungan Tugu merupakan estafet dari berbagai pihak,” jelas Bupati dalam kesempatan Impounding.

Setelah pengisian Bupati berharap bangunan ini bisa segera diselesaikan, dengan begitu segala fungsi bendungan Tugu dapat dirasakan oleh masyarakat seperti halnya fungsi irigasi maupun pengendali banjir.

Trenggalek ini sangat unik, bila musim kemarau berpotensi kekeringan dan banjir bila musim penghujan. Keberadaan Bendungan diharapkan mampu menjawab permasalahan iklim yang terjadi di Trenggalek.

Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin juga meminta doa restu proses pembangunan adik Bendungan Tugu yaitu Bendungan Bagong diharapkan bisa berjalan lancar dan dapat melampaui segala kendala yang dihadapi, pungkasnya. (Sg)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.