Bupati Kendal Bersama Istri Hadiri Acara Pameran dan Bazar UMKM di Patean

Kendal,Beritaterbit.com – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama bersama Istri Wynne Frederica menghadiri acara Pameran dan Bazar Produk UMKM Kabupaten Kendal, di salah satu objek wisata Omah Opa yang ada di Kecamatan Patean, Minggu (13/2/2022).

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay, Paguyuban Camat se-Kabupaten Kendal dan Forkiopimcam Patean, serta Forum UMKM Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal Dalam sambutannya mengajak semua Camat dan seluruh unsur masyarakat untuk bersinergi dalam mengembangkan serta memajukan UMKM di wilayahnya. Dirinya juga mendukung adanya kegiatan dalam pengembangan UMKM yang diselenggarakan di objek wisata seperti ini.

“Saya mendukung kegiatan seperti ini, di mana pemerintah dengan para pelaku UMKM bisa bersinergi. Pemerintah Kabupaten Kendal juga akan terus memberikan stimulus-stimulus untuk pengembangan UMKM dengan berbagai kegiatan. Saya menginginkan UMKM Kabupaten Kendal harus bisa Go Internasional,” ujar Dico.

 

Dikatakan Bupati, bahwa sesuai dengan visi misinya dalam empat pilar pembangunan, yang di antaranya pengembamgan pariwisata dan UMKM. Dirinya juga mengungkapkan, kolaborasi dan digitalisasi merupakan dua faktor penting untuk menggerakkan ekonomi khususnya sektor UMKM, baik di tingkat desa, tingkat kecamatan, maupun tingkat Kabupaten

“Ini bukan tugas pemerintah semata. Namun kami berkomitmen mendukungnya dengan melakukan pelatihan dan pendampingan mulai dari produksi hingga pemasaran seperti perluasan akses pasar. Salah satunya melalui digital dan pembenahan di toko. Semuanya kami lakukan demi mengembangkan keterampilan dan daya saing UMKM kita,” ungkap Dico

Mulafitrotunnisa salah seorang pelaku UMKM dari Weleri, dirinya mengaku, Bupati dan istri mengunjungi lapaknya dan memborong Onde Ketawa dan Donat Kukis. produk dari “Dapur Manda” yakni Bolen Pisang dan Onde Ketawa serta berbagai macam kue kering merupakan olahan sendiri.

“Kebetulan kami baru saja mengikuti uji dan audit untuk sertifikasi halal. Semoga dua bulan lagi sudah keluar sertifikat halalnya,” ungkap Unis sapaan akrabnya.

Dijelaskan untuk produk UMKMnya, dalam pemasaran masih mengunggulkan media sosial, di antaranya marketplace. Selain itu, juga melalui whatsapp group serta dari mulut ke mulut melalui para temanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.