Berkat Tangan Dingin Eka Putra, Ada Secercah Harapan untuk Tenaga Honorer di Tanah Datar

Tanah Datar, beritaterbit.com – Di Bulan Ramadhan yang penuh kebaikan dan keberkahan ini, Bupati Eka Putra sebagai sosok Pimpinan Daerah yang telah banyak memperjuangkan untuk kesejahteraan masyarakat Tanah Datar melalui berbagai Program Unggulan (Progul) yang diusungnya, kini kembali membawa secercah harapan untuk Tenaga Honorer khusunya untuk Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Berkat tangan dingin beliau Insya Allah 2025 Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanah Datar akan kembali membuka formasi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) untuk Tenaga Honorer termasuk Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (TU, Satpam Sekolah, Operator dan Penjaga Kebersihan Sekolah). Tentunya ini semua terealisasi berkat kepiawaian Bupati Eka Putra dalam melobi ke Pusat.

Informasi itu disampaikan Bupati Eka Putra ketika bertatap muka langsung dengan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Tanah Datar pada momen Penyerahan Bantuan Transportasi secara simbolis untuk Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Tanah Datar Rabu sore (03/04) di Gazebo Indojolito Batusangkar.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra mengatakan bahwa Pemda Tanah Datar mempunyai perhatian yang tinggi terhadap Dunia Pendidikan, karena Pendidikan merupakan motor penggerak dalam mensukseskan pembangunan yaitu dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di samping pengelolaan Sumber Data Alam yang maksimal.

Bupati Eka menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi yang tinggi yang telah diberikan oleh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mencerdaskan Generasi Tanah Datar sampai saat ini.

“Sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Daerah yaitu “Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing”, maka perhatian terhadap dunia pendidikan ini merupakan salah satu wujud nyata, diantaranya dengan memperhatikan kesejahteraan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan,” kata Bupati Eka.

Sebagai wujud perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Tanah Datar lanjut Eka Putra, setiap tahunnya Pemda menganggarkan bantuan transportasi untuk Guru dan Tenaga Kependidikan di Tanah Datar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Selain itu setiap tahun kita juga membuka formasi penerimaan P3K, dan Insya Allah tahun 2025 kita sudah usulkan di tahun ini tidak hanya untuk Guru saja, tetapi juga untuk Tenaga Kependidikan termasuk Operator, juga Penjaga Sekolah. Kalau tahun sebelumnya Operator ini tidak ada formasi, untuk tahun 2025 ada formasi untuk Operator. Karena Operator ini memiliki peran yang penting di dunia pendidikan. Jadi silahkan Bapak Ibu persiapkan dari sekarang, terus berkoordinasi dengan Kabidnya, syaratnya Bapak Ibu harus sudah terdaftar di Database BKN dan sudah mengabdi minimal 3 tahun,” ujar Eka Putra.

Bupati Eka juga meminta dukungan dan komitmen Guru dan Tenaga Kependidikan dalam menciptakan Generasi Muda Tanah Datar yang Berkualitas dan Berdaya Saing.

“Untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, kita butuh generasi muda yang beriman dan berilmu, memiliki karakter dan mampu bersaing di dunia global. Untuk itu Saya berharap komitmen Bapak Ibu dalam menjalankan tugas mencerdaskan anak-anak Tanah Datar dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab,” harap Bupati.

Adapun bantuan transportasi untuk tahun 2024 Triwulan I ini sebesar lebih kurang 1,7 milyar rupiah dan akan diberikan kepada 968 Guru dan Tenaga Kependidikan SD dan SMP dengan rincian untuk tingkat SD sebanyak 706 orang dan tingkat SMP sebanyak 262 orang. Besarnya transportasi yang diterima Rp 1.800.000/orang yang akan ditransfer ke rekening masing-masing.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.