ASIDEWI Bengkulu Apresiasi dan Dukung Inovasi Wisata Desa Penembang

Bengkulu Tengah, beritaterbit.com – Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales mengapresiasi langkah promosi yang dilakukan pegiat wisata di objek wisata Desa Penembang yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu.

“Kami terkesan dengan pengelolaannya, baik itu dari segi promosi maupun dari segi pemanfaatan potensi wisata yang dimiliki. Pegiat wisata di Desa Penembang ini selalu melakukan inovasi-inovasi baru yang membuat pengunjung selalu ingin kembali berkunjung,” katanya, Senin (9/5/2022).

ASIDEWI melihat potensi yang dimiliki desa wisata ini sangat menjanjikan baik dari segi wisatanya juga potensi ekonomi kemasyarakatan.

Desa Penembang merupakan desa wisata rintisan yang memiliki potensi wisata yang komplit, mulai dari wisata air terjun, wisata atraksi dan wisata  kuliner. Desa Penembang mempunyai 7 spot air terjun serta salah satu tempat tumbuhnya Bunga Rafflessia di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Desa Penembang ini mempunyai banyak potensi wisata yang luar biasa. Akan tetapi untuk fasilitas penunjangnya masih harus membutuhkan dukungan dari pemerintah,” kata Wan Sui, sapaan akrabnya.

Di desa-desa tersebut, ASIDEWI selanjutnya akan melakukan beberapa kegiatan sebagai tahap awal rintisan desa wisata yang meliputi sosialisasi konsep dan strategi pembangunan desa melalui pengembangan desa wisata kepada seluruh masyarakat dan stakeholder desa.

ASIDEWI juga melakukan pemetaan partisipatif potensi lokal bersama warga desa dengan tujuan untuk menemukan potensi utama yang dapat dikembangkan.

Ditambahkan Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Penembang Ari Hanggara berharap adanya dukungan dari pemerintah terutama dalam hal infrastruktur akses jalan dan fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung.

“Sebagus apapun kita membangun destinasi wisata, kalo tidak didukung dengan infrastruktur yang baik maka akan sulit untuk berkembang,” ujar Ari Hanggara.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.