Akibat Pandemi Covid-19 2000 Ribu CJH Seluma Ngantri

Seluma, Beritaterbit.com – Dua tahun tidak ada pemberangkatan akibat pandemi Covid 19, antrian calon jamaah haji (CJH) Seluma saat ini mencapai 2000 jamaah.

Antrian ini akan terus bertambah, jika tahun ini belum ada pemberangkatan. Dengan jumlah saat ini, antrian pemberangkatan mencapai 19 tahun atau hingga tahun 2041.

Kakan Kemenag Seluma, Heriansyah melalui Kabid Haji, Ahmad Marhaen mengatakan, setiap tahunnya jika tak ada pandemi Covid-19, 170 CJH diberangkatkan ke tanah suci menunaikan rukun islam ke lima ini.

“Dua tahun ini 2020-2021 kita tidak ada pemberangkatan. Jadi antriannya mencapai 19 tahun atau 2000 CJH,” jelas Marhaen.

Untuk tahun 2022 ini kata Marhaen, belum dapat dipastikan. Apakah ada pemberangkatan atau belum. Pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah.

“Harapan kita tahun ini ada pemberangkatan. Namun kita masih menunggu petunjuk pemerintah dulu,” katanya.

Untuk CJH yang jadwal keberangkatan tahun 2020 kata Marhaen, akan diberangkatkan tahun ini jika memang ada pemberangkatan. Pemerintah Indonesia pun saat ini juga masih menunggu petunjuk dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang hingga saat ini masih belum membuka embarkasinya akibat Covid-19 ini.

“Untuk 170 CJH yang jadwal keberangkatannya tahun 2020 telah kami persiapkan. Paspor dan visa telah dibuat,” sampainya.

Walau antrean keberangkatan panjang tambah Marhaen, Animo masyarakat Seluma untuk berangkat haji terus meningkat. Pihaknya akan tetap melayani sesuai SOP yang ada. (Mg)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.