Helmi Hasan Dikunjungi PMI Jepang

BENGKULU, beritaterbit.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Bengkulu bekerjasama dengan PMI Jepang mengadakan pertemuan dalam acara silaturahmi yang bertempat di kediaman pribadi Rumah Walikota Bengkulu Helmi Hasan di Kelurahan Sidomulyo, Jumat (19/01/2018).

“Program kerja sama Indonesia-Jepang ini merupakan program pengurangan resiko bencana masyarakat,” jelas Walikota Helmi Hasan.

Dijelaskan Helmi Hasan, bentuk kerjasama dengan Jepang berupa pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat bersama Palang Merah Jepang. Meliputi berbagai program yaitu Program Siaga Bencana dan Pengurangan Resiko Bencana.

Apalagi, lanjut Helmi, Provinsi Bengkulu merupakan daerah rawan gempa. Untuk itu masyarakat harus selalu siap siaga untuk menghadapi peristiwa dan kondisi bencana.

“Tentu PMI sebagai organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan terus melakukan hal tersebut,” imbuhnya.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan menambahkan, PMI punya peran penting dalam melayani masyarakat khususnya bidang transfusi darah maupun pertolongan dalam musibah dan bencana.

“Berterima kasih kepada Yoshiteru Tsuji atas kunjunganya. Karna kita tahu Jepang itu jauh. Dia rela tinggalkan Jepang untuk rakyat Bengkulu, tujuannya apa, agar rakyat Bengkulu tidak panik jika ada bencana datang. Tadi saya sampaikan kedepan harus di lakukan pelatihan di rumah sakit. Karena kita sudah punya rumah sakit sendiri dan di beberapa titik tertentu yang rawan bencana,” pungkas Helmi.

Sementara itu, Director Japanese Red Cross Societi, Mr Yoshiteru Tsuji mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Kota Bengkulu atas kerjasama yang selama ini dilakukan.

“Jepang dan Indonesia memiliki kesamaan dalam bencana, yakni gempa dan tsunami. Untuk itu kita melakukan kerjasama bilateral antara pemerintah Jepang dengan Indonesia. Saat ini kerja sama bilateral ini sudah berjalan 60 tahun. Dengan kerjasama ini, atas nama pemerintah Jepang, saya banyak mengucapkan terimakasih,” papar Yoshiteru.

Ia berharap, kedepan kerjasama ini bisa ditingkatkan.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan memberikan batu cincin yang dikenakanya untuk Yoshiteru Tsuji sebagai tanda kenangan.(Heri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.