Nakes Nusantara Hearing Bersama Komisi IV DPRD Provinsi Terkait Pengangkatan ASN atau P3K

Bengkulu, beritaterbit.com – Forum Komunikasi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Indonesia atau FKTK NSI menemui Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Mereka meminta dukungan dari DPRD Provinsi agar bisa diangkat menjadi ASN atau P3K. Tidak hanya itu, mereka juga minta difasilitasi bertemu dengan DPR RI.

Ketua Komisi IV, Edwar Samsi mengatakan, Tenaga Kesehatan Nusantara merupakan Nakes pilihan yang ditugaskan di daerah terpencil dan perbatasan dari Kementerian Kesehatan. Di Provinsi Bengkulu tercatat ada 291 Nakes Nusantara.

Untuk pengangkatan, Edwar akan memastikan bentuk kerjasama antara Nakes dengan Kemenkes. Karena tidak ada penegasan jika Pemda ikut berkontribusi. Komisi IV DPRD Provinsi akan segera berkoordinasi dengan Kemenkes sekaligus memastikan kelanjutan Nakes Nusantara.

“Akan kita komunikasikan dengan Kementerian Kesehatan, bagaimana kelanjutannya. Karena dalam SK mereka tidak ada penegasan tentang kaitannya dengan pemerintah provinsi,” ujar Edwar Samsi.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Sefty Yuslinah mengatakan, Nakes Nusantara membantu pemenuhan layanan kesehatan terutama di perbatasan.

Sefty meminta jangan sampai ketidakpastian status ini malah membuat layanan kesehatan di perbatasan terganggu. “Jika dihentikan (Nakes Nusantara) oleh Kementerian Kesehatan, ini berarti tenaga kesehatan yang ditugaskan di daerah terpencil otomatis terhenti. Bagaimana tanggung jawab kita untuk menuntaskan pelayanan kesehatan di desa-desa,” jelas Sefty.

Sedangkan Korwil FKTK Nusantara Sehat Indonesia Provinsi Bengkulu, Albert Harisol berharap Komisi IV DPRD Provinsi bisa menjembatani FKTK NSI Bengkulu bertemu dengan Komisi IX DPR RI.

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.