Deri Asta: Pajak Berperan Penting dalam Pembangunan Kota

Sawahlunto, beritaterbit.com – Pajak merupakan kontribusi wajib dari orang atau badan terhadap negara, yang sifatnya memaksa sesuai dengan aturan Undang-Undang tanpa adanya imbalan secara langsung. Pajak tersebut oleh Pemerintah dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Logikanya semakin besar penerimaan Pajak, pemasukan pada kas Negara/suatu daerah akan semakin besar. Karena itu Pajak sangat berperan dalam mendukung Pembangunan Kota.

Hal tersebut disampaikan Walikota (Wako) Sawahlunto Deri Asta, SH pada saat acara penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan serta Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) yang diserahkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Sawahlunto kepada jajaran Pemerintah Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Sawahlunto, Senin 08 Mei 2023 di Balaikota setempat.

Acara dihadiri oleh Sekda ko Dr. dr. Ambun Kadri, MKM, Kepala BPKAD Sawahlunto Afridarman serta jajaran Pemerintah Desa/Kelurahan yang ada di Kota Sawahlunto.

Pada kesempatan itu, Wako Deti Asta juga menyampaikan Apresiasi dan terima kasih kepada Desa dan Kelurahan yang berhasil mencapai pembayaran 100 persen sebelum jatuh tempo tersebut.

“Pembayaran pajak merupakan salah satu unsur Pendapatan Daerah yang berperan besar mendukung pembangunan kota. Jadi semakin tinggi keberhasilan pembayaran tentu semakin besar pula dampaknya mendukung pembangunan,” kata Wako Deri.

Wako Deri Asta menghimbau agar Pemerintah Desa/Kelurahan lebih masif lagi melakukan himbauan maupun mensosialisasikan pentingnya membayar Pajak kepada masyarakat.

“Pajak ini dari masyarakat, untuk masyarakat dan kembali ke masyarakat. Pembangunan yang kita rasakan ini sebagian adalah dari hasil masyarakat membayar Pajak,” lanjut Deri Asta.

Dengan terpenuhinya target SPPT yang ditetapkan pada tahun 2023 tentunya diharapkan dapat mendukung keberhasilannya pembangunan di Kota Sawahlunto.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.