Keutamaan Surah Al-Mulk

Bireuen, Beritaterbit.com – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen, Dr H Jufliwan SH, MM menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya di dalam Al-Quranul Karim terdapat satu surah yang terdiri dari tiga puluh ayat. Surah itu akan memberi syafaat kepada pembacanya hingga orang yang membacanya diampuni. Surah itu adalah ‘Tabārakalladzī biyadihil mulk’ (surah Al-Mulk)”.

“Sungguh aku menginginkan surah (Al-Mulk) ini berada di dalam hati (dihafal) setiap orang mukmin”.

“Barang siapa membaca surah Al-Mulk pada setiap malam hari, niscaya Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur”.

“Sesungguhnya di dalam Al-Quranul Karim terdapat satu surah yang terdiri dari tiga puluh ayat yang akan menjadi syafaat (bagi orang yang senantiasa membaca surah tersebut). Pada hari kiamat nanti surah tersebut akan menjadi wasilah penyelamat (orang yang membacanya) dari siksa neraka dan memasukkannya ke dalam surga. Surah itu adalah surah Al-Mulk”.

Ibnu Abbas R.Anhuma pernah berkata kepada seseorang, “Maukah kamu aku beri tahu kabar baik yang akan membuatmu senang? Bacalah surah Al-Mulk, hafalkanlah surah itu, ajarkanlah kepada keluargamu, anak-anakmu, anak-anak kecil, dan tetangga-tetanggamu. Sesungguhnya surah Al-Mulk ini akan menjadi penyelamat dari azab kubur. Surah itu akan berjuang pada hari kiamat memintakan ampunan untuk pembacanya kepada Allah SWT. Barang siapa menghafal surah ini, niscaya surah itu akan meminta keselamatan (untuk yang membacanya) kepada Allah SWT dari api neraka. Allah SWT akan menyelamatkan seseorang dari azab kubur berkat surah ini”.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas R.Anhuma sebagai berikut.

Salah seorang sahabat Nabi SAW mendirikan tenda di atas sebuah kuburan secara tidak sengaja. Lalu, ia mendengar suara orang yang berada di dalam kubur membaca surah Al-Mulk, mulai dari awal hingga akhir.

Kemudian sahabat itu menemui Rasulullah SAW dan menceritakan apa yang telah ia dengar. Lalu Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Surah Al-Mulk adalah penghalang; menghalangi pembacanya dari azab. Surah Al-Mulk adalah penyelamat; menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur”.

SYAIR

Janganlah tertipu oleh dunia yang fana ini
Dunia ibarat ruang yang di dalamnya menyimpan api
Ruang dengan dua pintu, yang pergi takkan kembali
Jangan tinggalkan taubat, dunia tempat ujian semata

Penulis: Nurdin Ismehram

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.