Ketua Komisi I DPRD Seluma, Syamsul Aswajar: Koperasi yang Sehat Akan Mensejahterakan Masyarakat

Seluma, beritaterbit.com – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Seluma Syamsul Aswajar mengatakan, koperasi yang sehat akan mensejahterakan masyarakat. Pernyataan tersebut dilontarkannya saat memimpin rapat bersama Pengurus dan Anggota Koperasi Manunggal PT. MSS di Ruang Rapat Komisi I DPRD Seluma, Senin (29/03/2023).

Rapat tersebut dipimpin Ketua Komisi I DPRD Seluma dihadiri seluruh anggota Komisi I. Turut hadir dalam rapat tersebut Plt Kepala Dinas Perindagkop bersama jajaran, Pengurus berserta Anggota Koperasi Manunggal PT. Mutiara Sawit Seluma (MSS).

Rapat pada hari ini bukan yang pertama karena sebelumnya sudah perna dilakukan, akan tetapi belum juga menemukan titik temu ataupun kata sepakat. Masalah gonjak ganjing dana plasma dan dualisme kepemimpinan koperasi manunggal PT. MSS dikarenakan kepengurusan koperasi yang lama tidak mau diganti dengan kata lain tidak mau mengakui kepengurusan koperasi yang baru. Rapat berjalan cukup alot sampai sedikit agak emosi antara kedua kubu tersebut.

Plt Kepala Disprindagkop dan UMKM Kabupaten Seluma, Gun Ibrori S.Pd dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa Koperasi Manunggal PT. Mutiara Sawit Seluma (MSS) secara teknis bukanlah koperasi yang sehat dan tidak aktif karena selama ini tidak ada laporan hasil rapat anggota minimal 1 tahun sekali, kemudian tidak ada laporan neraca keuangan dan laporan hasil RAT.

Disisi lain Ketua Komisi I DPRD Seluma, Syamsul Aswajar saat memberikan pertanyaan kepada Ketua Koperasi Manunggal yang lama. Masalah jumlah anggota yang di SK-kan oleh Bupati Seluma Bundra Jaya mencapai 300 orang lebih sekarang yang masih aktif hanya lebih kurang 40 orang,  jadi berapa jumlah uang plasma dan berapa Rupiah setiap anggota yang dapat dari 40 orang anggota yang diklaim masih aktif tersebut. Akan tetapi pengurus koperasi manunggal yang lama tidak bisa menjelaskan secara detail.

Atas dasar itulah Ketua Komisi I DPRD Seluma Syamsul Aswajar meminta supaya kisruh ditubuh koperasi manunggal masalah ketidakjelasan jumalah anggota koperasi yang aktif, masalah ketidakjelasan dana plasma dan masalah dualisme kepengurusan koperasi supaya cepat diselesaikan dengan duduk bersama dan diadakannya pemilihan kepengurusan yang baru, supaya kedepannya koperasi manunggal bisa berjalan sesuai tupoksinya dan bisa mensejahterakan masyarakat terutama anggotanya.

“Kami dari Komisi I DPRD Kabupaten Seluma siap menjadi penengah dan memfasilitasi supaya masalah ini cepat selesai dan jangan berlarut-larut serta hasil rapat hearing pada hari ini, Rabu (29/03/2023) menemukan kata sepakat bahwa pada hari Senin tanggal (03/04/2023) akan dilaksanakan musyawarah luar biasa yang diadakan anggota koperasi manunggal untuk memilih kepengurusan yang baru, supaya koperasi sehat masyarakat sejahtera,” tutup Syamsul.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.