Dukung Gema Patas, Pemkab Gayo Lues Lakukan Pencanangan di Desa Seneren

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Asisten I H. Muslim SE, M.AP mencanangkan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) sebanyak 1 juta patok secara serentak diseluruh Indonesia sebagai upaya meningkatkan kesadaran untuk menandai tanah miliknya. Acara berlangsung di Menasah Desa Seneren Kecamatan Pantan Cuaca, Minggu (05/02/2023).

GEMAPATAS merupakan rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terintegrasi Tahun 2023.

Sambutan dari Asisten I H. Muslim SE, M.AP mengatakan, bahwasanya sebelum tahap pelaksanaan pengumpulan data fisik atau pelaksanaan pengukuran wajib dilakukan penyuluhan dengan memberikan informasi mengenai pemasangan tanda batas atau patok pada masing-masing bidang tanah terlebih dahulu. Pemasangan patok merupakan salah satu persyaratan dalam persertipikatan tanah.

Ada beberapa keuntungan dari pemasangan patok tersebut di antaranya pengamanan aset dengan kepastian batas bidang tanah, meminimalisir sengketa dengan pemilik bidang tanah yang berbatasan, memudahkan dan mempercepat petugas pertanahan untuk mengukur dan memetakan tanah tersebut.

Ia juga mengatakan, pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues sangat mendukung program PTSL tahun 2023 dan ia berharap agar kedepannya sinergitas dan kerjasama antara kantor pertanahan dengan pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues semakin kuat.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pemasangan patok. Hadir dalam acara tersebut Asisten I H. Muslim SE, M.AP, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gayo Lues Dannie Gunawan SE.MM, Ketua Mahkamah Syariah, Ketua MPU, Kepala Dinas Pertanahan, Perwakilan Kajari, Kapolsek Rikit Gaib dan masyarakat Desa Seneren.

Penulis: Junaidi

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.