BAZNAS Sulses Bimtek UPZ di Masjid Nurul Khalifah Samata

Gowa, Sul-Sel/beritaterbit.com – Bertempat di Masjid Nurul Khalifah Bumi Samata Permai Samata, Kabupaten Gowa, Jumat (13/5/2022) sekira pukul 14.00 Wita, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulawesi Selatan melalui ketuanya, Dr. dr. H. Khidri Alwi, M.Kes, MA melakukan edukasi dalam bentuk Bimbingan Teknik (Bimtek) tentang Tugas Pokok dan Fungsi Unit Pengumpul Zakat atau UPZ dalam menjalankan tugasnya.

Menurut Dr. Khidri, tugas UPZ sesuai pasal 8 dalam Peraturan BAZ Nasional Nomor 2 Tahun 2016 adalah melaksanakan fungsi berupa sosialisasi dan edukasi zakat pada masing-masing institusi yang menaungi UPZ. “Pengumpulan zakat pada masing-masing institusi yang menaungi UPZ serta melakukan pendataan dan layanan muzaki pada masing-masing institusi yang menaungi UPZ,” katanya.

Selain itu, sambung dr Khidri, adalah penyusunan RKAT atau Rencana Kerja Anggaran Tahunan UPZ. “Hal ini untuk program pengumpulan dan tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan zakat BAZNAS,” jelasnya.

Tugas lain adalah menetapkan RKAT UPZ setelah mendapat pertimbangan penasehat. Kemudian melakukan evaluasi atas pelaksanaan tugas dan fungsi UPZ. Menyusun perencanaan pengumpulan zakat dan melaksanakan pengumpulan zakat.

“Manfaat Menjadi UPZ BAZNAS Masjid Nurul Khalifah karena memiliki legalitas secara hukum. Dan sudah sah bertindak melakukan kegiatan pengumpulan zakat berdasarkan SK (Surat Keputusan) Ketua BAZNAS Kabupaten Gowa. Selain itu dengan adanya standarisasi berkualitas maka dipastikan UPZ akan bekerja secara profesional,” tadas Dr. Khidri Alwi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Nurul Khalifah, Syamhur Dg Rotte, S,Si mengaku senang dengan hadirnya UPZ BAZNAS di lingkungan masjid padat penduduk ini. Dia berharap setelah terbentuknya kepengurusan UPZ yang diketuai Safri Arif, S,Hut., M.Si itu setidaknya dapat membantu warga atau jamaah di sekitar masjid.

“Kami bersyukur dengan adanya UPZ Baznas di Masjid Nurul Khalifah ini, akan dapat menopang beberapa program masjid seperti pengadaan ambulance, Idul Qurban, bantuan beasiswa dan lain sebagainya. Dan tentu saja, teman teman yang sudah mendapat SK akan bekerja sesuai prinsip pengelolaan zakat yang benar,” tandasnya.

Dalam kepengurusan UPZ tersebut, selain diketuai Safri Arif, juga terpilih, Sulthan Laupe sebagai Sekretaris, Widarta sebagai Bendahara dan beberapa seksi-seksi.

Laporan : Agus
Editor : FS Dg Ngalle

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.