Wakil Bupati Trenggalek Menerima Rombongan Tim USAID Bijak Dan ARuPA

Trenggalek, Beritaterbit.com – Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara di dampingi Sekda Ir.Joko Irianto menerima kunjungan silaturahim Tim USAID Bijak dan ARuPA. Turut hadir dalam kunjungan silaturahim tersebut Asisten Sekretaris Daerah II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ramelan serta Camat Panggul Agus Dwi Karyanto, Eko Margono perwakilan Pemerintah Desa Wonocoyo.

Direktur Eksekutif Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA) Edi Suprapto melaporkan perkembangan kegiatan pendampingan KEE Pantai Kili-Kili di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan atas dukungan dari USAID Bangun Indonesia untuk Jaga Alam demi Keberlanjutan (BIJAK), Kamis (8/4/2021).

Lanjut Edi Suprapto, terkait latar belakang dilaksanakannya program pendampingan KEE di Kabupaten Trenggalek, bahwa dengan adanya area pendaratan penyu yang merupakan spesies dilindungi di Pantai Taman Kili-Kili Desa Wonocoyo Panggul maka kawasan tersebut termasuk dalam Area Bernilai Konservasi Tinggi (ABKT) sehingga diperlukan perlakuan khusus diantaranya dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE), ungkapnya.

Sementara itu Heru Wibawa selaku perwakilan USAID Bijak menambahkan, dengan dibentuknya KEE Pantai Taman Kili-Kili maka diperlukan penguatan dari sisi kelembagaan pengelolah KEE yang Notabene sebagian besar Anggota pengelolaannya adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek, selain penguatan dari sisi kelembagaan juga telah dilakukan penguatan pengelolaan KEE dalam bentuk penyusunan dokumen rencana aksi KEE Pantai Taman Kili-Kili 2021-2025.

Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara, menyambut baik adanya dukungan dari USAID Bijak dan ARuPA, untuk menuju program tersebut pihaknya juga berharap adanya kelanjutan program untuk mendukung langkah Pemkab.Tentu dalam menjalankan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan KEE Pantai Taman Kili-kili.

Apa yang telah dijalankan telah sesuai dengan visi Bupati, kendati demikian harus ada tindaklanjut yang nyata.

Syah Muhammad Natanegara menambahkan, “Komitmen itu memang selaras dengan program Pemkab dalam menjaga kelestarian ekosistem, hal itu tercermin dalam visi kerja Bupati Trenggalek yakni Maju ekonomi rakyatnya, Orangnya atau Organisasinya Kreatif, Ekosistemnya terjaga (meroket),” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.