Sinergitas TNI-Polri Amankan Natal Dan Tahun Baru Di Aceh Barat

Aceh Barat, beritaterbit.com – Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada Umat Nasrani yang melaksanakan ibadah Misa Natal, Personil gabungan TNI – Polri dari Jajaran Kodim 0105/Abar bersama anggota Polres di siagakan melaksanakan pengamanan di Rumah lbadah yang ada di Kota Meulaboh, Jum’at (25/12/2020).

Adapun Rumah lbadah yang digunakan jemaat untuk Misa Natal adalah Gereja Methodist lnjil lndonesia (GMll) Suka Cita, Gereja Methodist lndonesia (GMl) dan Gereja Khatolik lndonesia (GKl) Santos Antonius Meulaboh.

Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P mengatakan, pengamanan ini tidak hanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap jemaat yang tengah melaksanakan Misa Natal, akan tetapi tindakan ini juga sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini terhadap ancaman yang mungkin bisa mengganggu ketertiban.

“Kehadiran aparat gabungan ini, kiranya dapat menjamin keamanan dan kenyamanan saudara kita Umat Nasrani dalam menjalankan Misa Natal dengan khidmat. Selain pengamanan di tiga Rumah lbadah yang letaknya tersebar, aparat gabungan juga disiagakan di Gardu Lantas dan Pelabuhan Verry Samatiga,” ujar Dandim.

Jemaat perayaan Natal dan pengurus kiranya dapat mematuhi protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan klaster Covid-19. Seruan ini datang langsung dari Dandim Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera, pasalnya, pandemi Covid-19 belum mereda.

“Kami menghimbau kepada jemaat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan Misa Natal demi kenyamanan bersama,” tegas Dandim Dimar.

Dandim juga meminta kepada warga sekitar untuk menjaga toleransi beragama dalam moment perayaan natal tahun ini. Meski begitu, Dandim meyakini bahwa masyarakat Aceh Barat sudah terbiasa bertoleransi yang mana setiap tahunnya perayaan Natal selalu berlangsung kondusif.

“Pentingnya sebuah kerukunan dalam umat beragama, kita sebagai makhluk sosial dalam berinteraksi harus tetap mengedepankan kerukunan sebagai prinsip pergaulan untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya ketahanan wilayah,” pungkas Dandim.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.