PWI Sulsel Pelatihan Dasar dan Lanjutan Jurnalistik 2023

Makassar, Beritaterbit.com – Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulsel di Hotel Wihz Prime Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Senin (23/1/2023).

Pelatihan jurnalistik yang bertema ‘Bersama PWI Kita Wujudkan Pers Demokrasi yang Independen dan Bertransformasi Digital Dengan Tingkat Dasar dan Lanjutan’. PWI sendiri lahir di Kota Surakarta 9 Februari 1946 yang diperingati setiap tahun pada Hari Pers Nasional (HPN).

Anggota Dewan Kehormatan PWI Provinsi Sulsel, H. Faisal Syam mengatakan, menurut UU No 40 Tahun 1999 Pers adalah lembaga sosial dan wahana media massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi, mencari, memperoleh, menyimpan dan mengolah dan menyampaikan informasi ke publik.

“Pers yang independen dan demokrasi yang bertanggung jawab, Pers tidak dapat dipisahkan dengan sistem demokrasi yang dianut oleh negara Indonesia,” terangnya.

Dilanjutkan oleh pemateri, H.Amrul Basri Wakil Pemred Harian Fajar menuturkan tentang pemberitaan anak, “Jurnalis melindungi identitas terutama berusaha keras dan teliti agar tak ada celah pemberitaan identitas anak diketahui,” beber Amrul.

“Identitas yang dimaksud nama, foto orang tua, alamat foto, sekolah, ciri lain tubuh anak, harus didampingi orang tua atau wali saat diwawancarai jika informasi yang hendak digali bisa memiliki dampak serius bagi dirinya dan keluarganya,” tegasnya.

Pemateri pelatihan dasar dan lanjutan jurnalistik PWI Prov Sulsel dihadiri oleh Ir. Manaf Rahman, H. Ilyas, Faisal Syam, Amrul Basri dan H. Suwardi Tahir. (Arur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.