Posyandu Kesehatan Jiwa Bentuk Kepedulian Pemerintah Terhadap ODGJ

Tulungagung, beritaterbit.com – Bertempat di Balai Desa Gesikan Kecamatan Pakel Tulungagung, Pemerintah Desa Gesikan melaksanakan kegiatan posyandu kesehatan jiwa (Poskeswa) ODGJ, Selasa (27/02/24).

Giat tersebut sebagai bentuk kepedulian Dinas Kesehatan Tulungagung yang bersinergi dengan Pemerintah Desa Gesikan sebagai upaya mengurangi kekambuhan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Poskeswa tersebut rutin diadakan setiap bulan pada Minggu ketiga di hari Selasa. Kegiatan ini sudah berjalan kurang lebih satu tahun dengan melibatkan sedikitnya 5 tenaga kesehatan. Diantaranya, bidan desa, perawat desa, kader desa, dokter puskesmas serta melibatkan petugas obat dan gizi.

Kepala Desa Gesikan Nur Hadi Setiawan mengungkapkan, sebagai upaya pemerintah desa yang peduli terhadap kesembuhan atau mengurangi kekambuhan orang dalam gangguan jiwa, berupaya menginformasikan kepada masyarakat Desa Gesikan yang mempunyai anggota keluarga yang telah terindikasi maupun yang sudah terdata supaya datang pada posyandu tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian kita terhadap ODGJ, melalui perangkat desa kita informasikan jadwal posyandu ini, dengan begitu masyarakat yang mempunyai anggota keluarga yang kiranya ada gangguan kejiwaan supaya dibawa ke posyandu. Ini adalah cara kita membantu memberikan pelayanan terhadap orang dalam gangguan jiwa untuk pengobatan diberikan secara gratis disetiap bulannya,” ucap kades.

Lanjutnya, sebenarnya ODGJ di Desa Gesikan ada 15 orang dan sudah guyub, hanya kendalanya untuk mendatangkan pasien jiwa 100% itu memang mengalami kesulitan, sudah menjadi paradigma kalau sudah agak sembuh pasien tidak butuh obat ini yang menjadi kendala.

“Sebetulnya pasien ODGJ ini sudah diobati di rumah sakit rujukan atau di puskesmas, namun tujuannya disini biar bisa bertemu, ngobrol dan bisa bersosialisasi,” tambah Nur Hadi.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.