Peresmian Kantor Sekretariat Bersama AWPI Kabupaten Malang Sekaligus Memperingati HPN ke-76

Malang, Beritaterbit.com – Bertempat di Deforest Tumpang, AWPI Malang Raya menggelar kegiatan peresmian Kantor Sekretariat Bersama sekaligus memperingati Hari Pers Nasional ke 76, Selasa (22/02/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri PJS AWPI Jatim (S.A Mahendra), Penasehat AWPI Kabupaten Malang (Moch. Geng Wahyudi SH., M.Hum), Penasehat AWPI (Imam Safi’i) dan PJS AWPI Kabupaten Malang (Sunarto) serta seluruh jajaran AWPI Malang Raya dan tamu undangan dari rekan LSM dan media.

Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia atau AWPI adalah perkumpulan Jurnalis dari berbagai media massa di Indonesia. AWPI dideklarasikan di Kota Malang, tepatnya di Hotel Gajamada pada tanggal 29 November 2014. Terdaftar di Kemenkumham No AHU_129 AH 01.07. 2014 dan diketuai oleh Ir. Dedi Nadiyanto hingga massa jabatan 2019.

Dan pada tanggal 27 dan 28 November 2019 telah dilaksanakan kongres pertama di Hotel Novotel Bandar Lampung dalam pemilihan ketua dimenangkan oleh Hengky Ahmat Jajiuli yang terpilih menjadi ketua hingga saat ini. Dengan terbit perubahan kemenkumham Nomor AHU-0001527.AH.01.08.Tahun 2021 Tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia.

Tujuan didirikannya AWPI diharapkan bisa menghimpun wartawan yang bergabung di AWPI dapat berorganisasi dan mampu menjadi jurnalis profesional dan proporsional.

Dalam sambutannya, Penasehat AWPI Kabupaten Malang, Moch. Geng Wahyudi SH., M. Hum mengatakan, bahwasanya organisasi pers atau wartawan banyak sekali di Indonesia, khususnya di Kabupaten Malang. Seperti halnya peresmian kantor DPC AWPI di Tumpang ini diharuskan bisa menjadi pemacu kreatifitas para jurnalis sesuai dengan kinerja dan kode etik jurnalis itu sendiri.

“Di tahun 2022 ini diharapkan pemberitaan jurnalis atau wartawan harus berimbang sesuai apa yang di lihat, di dengar dari narasumber, dan juga hak jawab serta hak koreksi untuk pemberitaan, sehingga mewujudkan cita-cita pers yang mumpuni,” pungkasnya.

Sementara itu, Imam Safi’i yang juga sebagai Penasehat AWPI Kabupaten Malang mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional ke 76, diharapkan kedepannya Pers bisa lebih konsistensi dan selalu memegang kode etik jurnalistik serta mengedepankan integritas dan etika Pers dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.

Editor : Rio

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.