Pemkab BS Tuntaskan Tabat dan Pemetaan Desa di Kecamatan Manna

Bengkulu Selatan,BeritaTerbit.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (Pemkab BS) menargetkan penuntasan pemetaan wilayah dan tapal batas antar desa/kelurahan di Kecamatan Manna pada tahun 2019.

Dalam hal tersebut Pemkab Bengkulu Selatan bekerjasama dengan Topografi Kodam (Topdam).

“Untuk Kecamatan Manna, kita targetkan menyelsaikan tapal batas dan pemetaan 17 Desa dan 1 Kelurahan. Namun saat ini terkendala tapal batas Desa Ketaping dan DesaTerulung yang masih belum tuntas,” jelas Assisten I Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan, Yunizar Hasan.

Sehubungan dengan belum tuntasnya tapal batas kedua desa tersebut, Senin (27/5/2019) Pemkab menggelar rapat. Rapat tersebut menyepakati bahwa penetapan tapal batas Desa Ketaping dan Terulung diserahkan kepada tim kabupaten.

“Masalah tapal batas ini sudah lama, sudah sering dicarikan solusi. Di tingkat desa tidak selesai, di Kecamatan tidak selesai. Hingga akhirnya penyelesaiannya diserahkan ke Kabupaten,” jelas Yunizar.

Yunizar menargetkan secepatnya akan menyelesaikan sengketa tapal batas kedua desa setelah lebaran idul fitri 1440 H. Setelah tuntas dikuatkan dengan SK Bupati dan pembuatan peta desa.

“Belum tuntasnya tapal batas ini karena ada perebutan lahan pemakaman. Ketaping mengklaim masuk wilayah desanya sementara Terulung juga mengklaim. Luasnya sekitar 10 Hektar. Ini yang akan kita carikan soluasinya,” demikian Yunizar.

Rapat yang digelar di ruang kerja Assisten I tersebut dihadiri oleh Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan Umum, Camat Manna, Sekcam Manna serta Kepala Desa Terulung dan Ketaping. (Rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.