Pasar Kangen Kabupaten Kediri Berharap Menjadi Pasar Bertaraf Internasional

Kediri, Beritaterbit.com – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Pameran Pasar Kangen Mangga Podang mulai tanggal 22-23 November 2023.

Event di Kabupaten Kediri yaitu menggelar Pameran Pasar Kangen Mangga Podang. Seperti kita tahu bersama, Mangga Podang adalah salah satu produk buah lokal andalan Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Buah mangga podang hasil petani Kabupaten Kediri dikenal dengan rasanya yang manis campur asam (kecut-red) dan warna buahnya yang kuning kemerah-merahan.

Lereng Gunung Wilis tepatnya di Kecamatan Banyakan, Grogol dan Tarokan adalah tempat dimana Mangga Podang khas Kediri ini ditanam. Manisnya Mangga Podang yang berada di pameran Pasar Kangen Mangga Podang yang diadakan pada 22-23 November 2023.

Untuk tempat Pameran Pasar Kangen Mangga Podang ada di Lapangan Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri dimulai dari jam 08.00-22.00 WIB.

Acara dimeriahkan dengan Lomba Cipta Kreasi Olahan Mangga Podang, Gunungan Mangga Podang, Panggung Hiburan dan Pasar Malam.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri Mamiek Amiyati SH., MH mengatakan, “Jadi untuk kegiatan Pameran Pasar Kangen Mangga Podang ini, memang kita mempunyai satu tujuan untuk menggali potensi UMKM yang ada di wilayah barat sungai (kediri-red) yang diampu oleh tujuh kecamatan”.

“Di mana ini juga merupakan wilayah terdampak oleh pembangunan bandara dengan harapan ini nanti dengan operasionalnya bandara, mereka tidak akan menjadi penonton tapi mereka juga harus jadi pemain, mereka juga ada potensi buah mangga,” beber Mamiek.

Masih kata Mamiek, “Yang tentunya nanti akan menjadikan pasar buah yang menjanjikan karena nanti adalah bandara yang berada di Kediri ini termasuk bandara internasional, sedangkan Mangga Podang itu sendiri kan selain dari Kediri tidak ada”.

“Sehingga kegiatan ini satu kegiatan yang untuk menggali potensi UMKM yang ada di kabupaten kediri dan juga dengan kegiatan pameran ini bahwasanya UMKM yang ada di Kabupaten Kediri dan mereka akan muncul dan kita tau apa yang perlu kita suport”.

“Nantinya kita sebagai dinas yang mana tugas kita selalu mensupport dengan umkm tersebut dan akan terjadi suatu pemain atau terlibat secara langsung pada potensi umkm,” pungkas Mamiek pada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.