Lapas Watampone Wujudkan Penyuluhan PHBS

Bone, Beritaterbit.com – Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Lapas Kelas IIA Watampone laksanakan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula utama Lapas Jalan Yos Sudarso Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Rabu (17/04/2024).

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut atas surat Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Nomor: PAS.6-PK.06.01-487 tanggal 1 April 2024 tentang Kegiatan Pemasyarakatan Sehat sebagai rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan Tahun 2024. Dalam paparannya narasumber dari RSUD Tenriawaru, dr. Bidasari Azikin mengingatkan bahaya dan dampak negatif merokok bagi kesehatan.

“Merokok memiliki bahaya bagi kesehatan terutama bagi paru-paru baik perokok aktif maupun mereka yang berada disekitar perokok. Oleh karenanya, sangat penting untuk mewujudkan kawasan bebas rokok khususnya di Lapas Kelas IIA Watampone,” ujar dr. Bidasari Azikin.

Pada kesempatan yang sama, dr. Ahliyah Ali dari Puskesmas Barebbo menjelaskan pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. “Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan kebiasaan baik yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya mewujudkan kehidupan yang sehat baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya,” jelas dr. Ahliyah Ali.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan warga binaan terkait pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta dampak negatif dari merokok baik pada saat menjalani pidana maupun setelah kembali ke masyarakat. Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab oleh warga binaan Lapas Watampone.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.