Ketua DPRD Supriyanto Buka Rapat Paripurna Dengan Agenda Penandatangan Nota KUPA dan PPAS-P 2023

Bengkulu, Beritaterbit.com – DPRD Kota Bengkulu gelar paripurna dengan agenda Penandatangan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan PPAS-P Kota Bengkulu tahun 2023 antara Pemkot Bengkulu selaku pihak eksekutif dan DPRD Kota Bengkulu selaku legislatif di ruang rapat paripurna Ratu Agung DPRD Kota Bengkulu.

DPRD Kota Bengkulu Gelar Paripurna Agenda Penandatangan Nota Kesepakatan KUP dan PPAS-P Tahun 2023

Rapat paripurna dibuka dan dipimpin langsung Supriyanto selaku Ketua DPRD Kota Bengkulu beserta 2 wakil ketua dan para anggota DPRD (25 orang yang hadir,red) sehingga rapat telah memenuhi kuorum. Hadir juga dari unsur forkopimda Kota Bengkulu, para asisten, staf ahli walikota, kepala OPD dan tim ahli DPRD Kota Bengkulu.

Pada kesempatan itu, setelah mendengarkan laporan rincian pembahasan terhadap rancangan KUPA dan PPAS yang dibacakan oleh ketua banggar DPRD serta sambutan Pj walikota, dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepakatan KUPA dan PPAS-P Kota Bengkulu tahun 2023 antara eksekutif yang ditandatangani Arif Gunadi dan Legislatif yang ditandatangani Supriyanto.

Dalam sambutannya, Arif sampaikan terima kasih kepada seluruh anggota dewan atas doa dan dukungannya selama ini sehingga pada hari Minggu kemarin ia sudah dilantik secara resmi sebagai Penjabat walikota.

“Mudah-mudahan ke depan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik bisa kita lanjutkan sehingga bisa mewujudkan Kota Bengkulu yang religius dan bahagia. Kami juga ingin sampaikan terima kasih atas segala kerjasamanya yang sudah dilakukan sehingga pembahasan KUPA dan PPAS APBDP tahun anggran 2023 ini dapat dituntaskan,” ujar Arif.

Saat diwawancarai usai paripurna, Arif mengatakan APBD-P 2023 akan diselesaikan tepat waktu. “Hari ini kita bersyukur bahwa kebijakan umum anggaran dan PPAS APBD-P 2023 sudah kita sepakati bersama dewan. Insya Allah semua proses akan berjalan dengan baik, kita akan selesaikan tepat waktu,” ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Supriyanto saat menbuka rapat paripurna juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada Arif Gunadi yang telah resmi menjabat Pj walikota.

“Selamat dan sukses kepada Arif Gunadi semoga bisa menjalankan tugas dengan baik serta dapat meningkatkan sinergi antara legislatif dan eksekutif,” kata Supriyanto mewakili seluruh anggota DPRD Kota Bengkulu.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh jubir banggar DPRD Kota Bengkulu, ia menyampaikan rincian pembahasan terhadap rancangan KUPA dan PPAS.

Disebutkan bahwa berdasarkan dari hasil pembahasan dengan banggar terhadap kebijakan unum perubaha anggaran, DPRD menyepakati perubahan APBDP 2023. Dengan rincian diantaranya adanya pengurangan pendapatan sebesar Rp 73 miliar dengan rincian PAD berkurang Rp 49 miliar, retribusi daerah berkurang Rp 13 miliar, hasil kakayaan yang dipisahkan berkurang Rp 5 miliar, pendapatan lain lain PAD yang sah berkurang Rp 5,6 miliar.

Kemudian adanya pengurangan dari dana transfer Rp 1 miliar lebih dan pengurangan belanja operasi Rp 47 miliar. Selanjutnya disampaikan bahwa berdasarkan dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atau audit BPK RI tahun 2022 adanya Silpa sebesar Rp 44,3 miliar.

“Untuk pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun, setelah hasil pembahasan menjadi Rp 1,2 triliun atau berkurang sekitar Rp 74 miliar,” ujar jubir banggar dari fraksi PKS.

Sumber : Rilis

Editor : Rosa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.