Kecamatan Tarokan Penghasil Mangga Podang Satu-satunya Yang Cita Rasanya Khas

Kediri, Beritaterbit.com – Mangga Podang bisa di bilang salah satu buah yang favorit di Kabupaten Kediri khususnya di wilayah barat Kota kediri atau tepatnya di lereng Gunung Wilis. Salah satunya di Kecamatan Tarokan.

Kecamatan tarokan sendiri selama dua hari ini mulai 22-23 November 2023 menjadi tempat digelarnya event Pasar Kangen Mangga Podang yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri.

Dalam acara tersebut dengan harapan bisa mendongkrak UMKM yang ada di Kecamatan Tarokan menjadi dikenal di Internasional dengan ditunjangnya pembangunan Bandara Kediri yang mana bertaraf internasional.

Seperti yang dikatakan Camat Tarokan Drs. Suharsono, M.Pd, “Kecamatan Tarokan adalah salah satu sentra penghasil Mangga Podang ini bisa membangkitkan motivasi-motivasi para petani Mangga Podang terus berpacu juga terus meningkatkan produksinya,” beber Camat Tarokan.

Camat Tarokan Drs. Suharsono M.Pd

Masih kata Camat Tarokan, dari pihaknya sebagai pemangku wilayah yang ada di wilayah barat sungai atau 7 kecamatan penghasil Mangga Podang berkolaborasi bersama di Kecamatan Tarokan ini, yang mana adalah bentuk dari peran serta kita untuk acara Pasar Kangen Mangga Podang.

“Juga peran serta menciptakan aneka menu atau olahan dari bahan baku Mangga Podang tentunya yang mana perlu diketahui juga tadi dilombakan di stand, dan kami Kecamatan Tarokan juga mempunyai desa wisata seperti halnya dua desa yaitu Desa Bulu Sari dan Desa Tarokan juga penghasil Mangga Podang dan Alhamdulillah kemarin dikunjungi dari negara Jepang terkait Mangga Podang,” jelasnya.

Terkait dengan adanya pembangunan bandara di wilayahnya tidak mempengaruhi hasil dan lahanMangga Podang, ia mengatakan masih sekitar 80% lahan untuk Mangga Podang dan petani pun mulai sudah menyiapkan bagaimana untuk sebagai sedikit dampak dari pembangunan tersebut dengan cara bergeser lahan kosong dan ditanami pohon mangga, jadi kata Camat Tarokan masih tingkat aman untuk lahan Mangga Podang.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.