Jembatan Makating Luwu Terancam Roboh, Warga Diminta Waspada

Luwu, beritaterbit.com – Jembatan penghubung antara Kelurahan Noling dengan Desa Padang Tuju, Balutan, Malenggang Kecamatan Bupon dan Desa Pangi Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu, Sulsel terancam ambruk atau roboh, Senin (8/4/2024) pukul 20.15 Wita.

Adapun penyebab miringnya jembatan tersebut disebabkan tingginya debit serta derasnya air sungai Noling akibat hujan deras di daerah hulu pengunungan khususnya wilayah aliran sungai Noling sehingga membuat tiang tengah penyangga jembatan turun.

Kapolsek Bupon, Iptu Yakobus mengatakan, miringnya jembatan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, sedangkan kendaraan roda dua maupun pejalan kaki masih dapat melaluinya namun harus ekstra hati hati atau waspada.

“Namun karena debit air masih tinggi serta hujan deras masih turun, sehingga untuk sementara guna menjaga adanya hal-hal yang tidak diinginkan maka ditutup untuk sementara waktu,” kata Yakobus.

Menurut Yakobus, jembatan penghubung antar kecamatan tersebut menghubungkan beberapa kelurahan dan desa dan saat ini diimbau tidak ada yang boleh melintas.

“Jembatan itu merupakan akses bagi warga di Kecamatan Bupon yakni Desa Padang Tuju, Balutan, Malenggang dan Kecamatan Latimojong yaitu Desa Pangi,” jelasnya Yakobus.

Yakobus menambahkan, bahwa penyebab miringnya jembatan disebabkan karena tingginya debit air Sungai Noling. “Tingginya debit air dan derasnya air Sungai Noling akibat hujan deras di daerah hulu atau pengunungan khususnya wilayah aliran Sungai Noling sehingga membuat tiang tengah penyangga jembatan turun,” ujar Yakobus.

Terdampak

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Polsek Bupon melakukan langkah-langkah dengan memasang garis polisi. “Kami memasang garis polisi dan mengimbau warga untuk sementara waktu tidak melintas di jembatan tersebut mengingat tiang penyangga tengah jembatan mengalami penurunan,” tandas Yakobus.

Penulis: Yana

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.