Jaduliwan Pimpin Rapat Strategis Tingkatkan Ketahanan Desa dan Kelurahan Hadapi Bencana

Bengkulu, beritaterbit.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan rapat koordinasi untuk memonitor Program Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project (IDRIP) pada 6-7 November 2023 di Hotel Cordela.

Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana, dengan fokus pada peningkatan kapasitas masyarakat desa dan kelurahan yang berada di wilayah rawan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jaduliwan menyampaikan bahwa rapat ini dimaksudkan untuk memantau perkembangan dan penguatan tim pendukung dalam program Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat Desa/Kelurahan Wilayah 1. Monitoring tersebut melibatkan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan tim pendukung Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat Wilayah 1 dalam kerangka IDRIP.

Dr. Eni Kardi, Ahli Regional Management Consultant (RMC) Wilayah 1, menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini membahas progres Desa Tangguh Bencana (Destana) Wilayah 1, yang melibatkan Kelurahan Beringin Raya, Lempuing, Penurunan, Berkas, Malabero, dan Pasar Bengkulu. Kegiatan tersebut dimulai dengan sosialisasi dan pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB), serta pengkajian risiko bencana partisipatif.

Wakil Koordinator Bidang Pemberdayaan Teddy Anshori menambahkan bahwa terdapat beberapa permasalahan di wilayah tersebut, seperti tingkat ketahanan di 6 kelurahan yang masih pada tingkat pratama. Hal ini disebabkan banyak kegiatan yang belum teratur.

Teddy menegaskan perlunya solusi yang dibahas oleh Pemerintah Kota Bengkulu dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Tenaga Ahli RMC 1 Dr. Eni Kardi dan OPD di tingkat Provinsi maupun Kota, meliputi BPBD, Bappeda, DLHK, Dinas PMD, Dinas Sosial, Kabag Pemerintahan Setda, dan Kabag Hukum Setda.

Sumber: Rilis

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.