IWO Malang Raya Gelar Webinar Bertajuk Pers Nasional

Kota Malang, Jawa Timur, beritaterbit.com – Ikatan Wartawan Online Malang Raya berafiliasi dengan Santri Mendunia menggelar Webinar Internasional Jurnalistik terkoneksi di 30 Negara dan 34 Provinsi, bertajuk “Pers Nasional, Pemuda dan Hak Informasi di Era 4.0 (Technology-Creativity-Integrity)” acara tersebut digelar melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara live di Santri Mendunia TV pada hari Sabtu, (27/2/2021).

“Acara telah terlaksana dengan lancar dan sukses. Indikatornya adalah kehadiran seluruh narasumber dan terkonfirmasinya total 1000 peserta zoom dan streaming youtube. Acara webinar jurnalistik yang terkoneksi seluas ini, baru pertama kali di Indonesia bahkan satu-satunya di dunia, koreksi saya jika saya keliru,” ungkap Humas IWO Malang Raya selaku inisiator dan konseptor program webinar, Dyah Arum Sari, S.S., M.Pd., C.ST MI.

Acara ini digarap dari dua studio yang berbeda, IWO Malang Raya live dari Studio EJSC Bakorwil Malang sedangkan Santri Mendunia menyiarkan secara live dari Studio SM di Jakarta.

Webinar tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., M.A. “Webinar luarbiasa. Mari kita manfaatkan teknologi untuk menambah derajat kemanusiaan kita dan menambah wawasan serta menambah nasionalisme kecintaan terhadap NKRI. Selamat kepada IWO Malang Raya dan Santri Mendunia yang telah menyelenggarakan Webinar Internasional Jurnalistik, semoga media online membawa kemaslahatan bagi kita semua. Selamat Hari Pers Nasional yang ke tujuh puluh lima tahun dan dengan ini Webinar Internasional Jurnalistik 2021 yang terkoneksi di 30 negara dan 34 provinsi saya nyatakan dibuka,” kata Cak Jazil.

Cak Jazil juga mengungkap rasa bangga ketika Ketua IWO Malang Raya Rudi Harianto, C.ST MI menyerahkan sertifikat penghargaan kepadanya, “Terimakasih Pak Rudi Harianto, saya bangga telah diundang webinar dan hal ini menambah semangat saya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta H. Anies Baswedan, Ph.D memberikan greeting speech atas terselenggaranya webinar. “Izinkan saya mengucapkan selamat kepada Ikatan Wartawan Online Malang Raya, tema webinar cukup menarik. Saya mengharap acara ini menjadi ajang tukar pikiran gagasan, pengalaman untuk mengantisipasi perubahan karena pasca pandemi kita akan masuk era baru,” tutur Anies.

Webinar Internasional Jurnalistik ini secara khusus menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya guna membahas issue faktual yang terjadi di masyarakat, diantaranya :

1. Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Eko Setiawan, S.I.Kom., M.Med.Kom membahas tentang Media, Jurnalis dan Fenomena Gunung Es Pornografi.

2. Anggota Dewan Pers yang merupakan Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Arif Zulkifli membawakan materi bertema Kebebasan Pers dan Ancaman Pembungkaman Masyarakat Sipil.

3. Rektor Universitas Gajayana Malang. Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M, membawakan materi bertema Jurnalisme Keberagaman Bagi Insan Akademis Untuk Perdamaian Bangsa.

4. Researcher LIPI dari University Of Melbourne, Australia, Wasisto Raharjo Jati, S.IP. membawakan materi bertema Menyibak Pola Pemberitaan Media dengan Bingkai Hak Asasi Manusia (HAM)

5. Mentor Santri Mendunia dari DBA IPAG Business School Paris, France, Dr. Muh. Dhafi Iskandar, S.E., M.Sc membawakan materi bertema Media Digital dan Jurnalisme di Prancis.

6. Akhol Firdaus, Pengamat Sosial, Penulis dan Akademisi IAIN Tulungagung membawakan materi Masyarakat dan Transformasi Digital.

Peserta yang tergabung dalam webinar ini terkonfirmasi sebanyak 1000 peserta zoom meeting dan live youtube. Acara semakin menarik dengan kehadiran selebgram dan influencer yang juga seorang pelantun shalawat, Veve Zulfikar.

Moh Abdul Aziz Nawawi, S.Pd,I., M.Pd., C.STMI., CCT.NNLP., C.SHNI-CH.,C.PS., selaku Ketua Umum Santri Mendunia dalam sambutannya mengatakan bahwa yang paling dibutuhkan adalah kolaborasi, “Santri Mendunia tidak bisa berjalan sendiri. Untuk dapat tetap terkoneksi, berkarya dan bermakna bagi sesama maka kita harus kolaborasi untuk kesuksesan bersama,” tutur pria yang masih melajang ini.

Senada dengan itu, Sekretaris IWO Malang Raya, Santoso juga menegaskan bahwa webinar ini diselenggarakan guna meningkatkan dan mengembangkan pola pikir yang kritis, kolaboratif, komunikatif dan produktif serta kreatifitas yang ditopang oleh tiga hal yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual melalui jurnalistik. (Har)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.