Hearing DPRD Tulungagung Dengan AMPUH Lahirkan Hari Aspirasi

Tulungagung, beritaterbit.com – Sebelumnya hearing yang dijadwalkan pada tanggal 10 Februari 2024 yang sempat tertunda karena pimpinan DPRD Tulungagung sedang sibuk untuk persiapan pemilu, akhirnya dapat digelar hari ini.

Bertempat di gedung DPRD Kabupaten Tulungagung lantai dua, tepatnya di ruang Graha Wicaksana hearing atau dengar pendapat antara AMPUH (Aliansi Masyarakat Peduli Hukum) dengan DPRD Tulungagung dilaksanakan, Rabu (21/02/24).

Dalam hearing dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua serta Sekretaris DPRD Tulungagung, Ketua Komisi A, B, C, D, Sekretaris dan Kabid dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung dan juga BKPSDM, Aliansi masyarakat peduli Hukum (AMPUH) yang terdiri dari delapan lembaga swadaya masyarakat.

Telah disepakati dalam hearing ada dua masalah yang sementara itu perlu dibahas, yang pertama masalah P3K (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja), yang kedua yaitu BSM (Bantuan Siswa Miskin).

Sebelum masuk pada pokok bahasan, Asmungi sebagai Wakil Ketua DPRD Tulungagung dalam forum audiensi mengusulkan agar lebih terjalin hubungan yang lebih erat antara masyarakat maupun Lembaga Swadaya Masyarakat untuk bisa dibuatkan jadwal tersendiri, misalnya dalam satu bulan satu kali pertemuan.

“Kalau boleh usul, agar lebih terjalin hubungan yang lebih baik antara masyarakat maupun Lembaga Swadaya Masyarakat dan DPRD, bagaimana kalau dalam satu bulan diadakan satu kali pertemuan. Jadi ditentukan sekalian hari dan tanggalnya, hari tersebut bisa dinamakan hari aspirasi,” ucap Asmungi.

Lanjutnya, “Sebelum tanggal dan hari yang telah dijadwalkan, saudara bisa menginformasikan terlebih dahulu bisa bersurat atau via telepon untuk membahas soal apa. Jadi para pimpinan DPRD bisa memfasilitasi dengan cara mengundang OPD atau instansi terkait untuk hadir dalam forum audiensi dan kita diskusikan bersama,” tambahnya.

Ditempat yang Sama, Ketua DPRD Tulungagung marsono menyetujui dengan adanya usulan Asmungi.

“Atas apa yang diusulkan Pak Wakil Ketua saya setuju sekali, alangkah baiknya jika agenda itu bisa terwujud, jadi tidak usah sampai repot-repot jika ingin berdiskusi dengan kami demi kepentingan kita bersama. Saya dan atas nama DPRD Tulungagung berterima kasih atas hearing ini, suatu masukan yang berharga bagi kami,” terang Marsono.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.