FORMASITA, Awali Tahun 2021 dengan Ekspedisi budaya di Toraja

TORAJA/SUL-SEL, beritaterbit.com – Forum Mahasiswa Beasiswa Aspirasi Tamsil Linrung (Formasita) dengan total 30 orang peserta dari berbagai kampus menggelar ekspedisi budaya di Toraja Utara dengan tema “Kembara Safari Toraya” yang di laksanakan pada 3-9 Januari 2021 tepatnya di kelurahan Mentirotiku kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Ekspedisi ini merupakan salah satu program kerja dari kluster sosial budaya Formasita yang diawali di kabupaten Toraja utara. Ekspedisi budaya Toraja mencakup berbagai item kegiatan di dalamnya, seperti : penelitian budaya Toraja, pentas seni, lapak baca, camp dan sosialisasi beasiswa berserta kunjungan ke tempat wisata yang ada di Toraja Utara.

Toraja terkenal dengan ciri khas daerahnya, salah satunya adalah tongkonan yang ada di sepanjang wilayah Toraja yang membuat kabupaten ini beda dari kabupaten lainnya serta memiliki banyak hal lain yang menarik untuk dilewatkan seperti adat dan kebiasaan masyarakat Toraja.

Rombongan Formasita juga tidak melewatkan upacara kematian Toraja atau yang dikenal dengan rambu solo yang saat itu dilaksanakan di kelurahan pangli Selatan kecamatan sesean. Peserta Ekspedisi budaya Toraja juga tidak hanya mencukupkan dengan itu, melainkan berkeliling dengan mobil pick up mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana seperti: Kete’kesu, Lolai (Negeri Diatas Awan), Londa, Baby grave, pasar pagi rantepao, berbagai Pertokoan/perbelanjaan ole-ole dan lain sebagainya yang tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan ekspedisi ini, formasita juga mengambil peran penting dalam peningkatan minat baca anak anak dan masyarakat yang ada di sana dengan menyediakan lapak baca yang diisi dengan bermain, belajar dan perlombaan. Masyarakat Toraja Utara menyambut dengan sukaria kehadiran rombongan dari Formasita.

Sumber : Risfa (Anggota DPF/PLT Sekretaris Umum FORMASITA)

Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.