Ds. Trangsan Sukoharjo Adakan Grebeg Penjalin Ke VI 2023 “Pesona Rotanku Membangun Kebanggaan Bangsaku”

Sukoharjo, Beritaterbit.com – 5 Juni 2023 Grebeg penjalin adalah sebuah peristiwa budaya untuk menunjukkan ekspresi rasa syukur masyarakat Desa Trangsan kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya akan karunia Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang telah menjadikan rotan atau penjalin sebagai mata pencahariannya.

Grebeg penjalin adalah sebuah kreasi yang kehadirannya sengaja diciptakan untuk menumbuh kembangkan semangat kerja dan daya cipta serta kreatifitas segenap pelaku industri mebel rotan di Desa Trangsan dan sekitarnya. Kerajinan Rotan Desa Trangsan adalah sentra kerajinan terbesar di Jawa Tengah dan nomer 2 di Indonesia setelah Cirebon (Jawa Barat).

Sentra Kerajinan Rotan yang sumber bahan bakunya berada diluar pulau Jawa mampu menjadikan mata pencaharian masyarakat Trangsan sejak tahun 1937. Modal keahlian masyarakat ini yang menjadikan Trangsan menjadi desa yang sangat dikenal diseluruh dunia karena produk-produknya yang diekspor dan terbesar diseluruh dunia.

Industri kerajinan rotan mengalami gejolak dan penurunan permintaan dari buyer sehingga menyebabkan kelesuan yang berdampak multiplier efek salah satunya peralihan profesi masyarakat. Kondisi inilah yang menyadarkan masyarakat untuk membangkitkan kembali industi mebel rotan ini melalui kegiatan budaya yang disebut GREBEG PENJALIN.

Grebeg Penjalin ini adalah peristiwa yang ada dan satu-satunya di Indonesia serta pertama kali di Indonesia.
Tahun ini GREBEG PENJALIN memasuki tahun ke 6 akan diselenggarakan pada tanggal 11-18 Juni 2023 dengan tema ‘PESONA ROTANKU MEMBANGUN KEBANGGAAN BANGSAKU’.

Grebeg Penjalin tahun ini masih berkesinambungan dengan Grebeg Penjalin sebelum-sebelumnya dari Grebeg Penjalin Ke 1 sampai 5 dan sekarang Grebeg Penjalin ke 6, masih terus menggelorakan semangat berkreasi serta berinovasi terhadap produk produk kerajinan masyarakat Trangsan agar tidak melulu hanya produk – produk furniture saja. Untuk itu dalam acara Kirab Budaya Grebeg Penjalin ke 6 ini kita masyarakat Trangsan mencoba membuat produk-produk inovatif yang akan kita kirabkan pada acara Grebeg Penjalin ke 6 ini.

Adapun produk yang akan kita tampilkan pada kirab budaya Grebeg Penjalin ke 6 tahun ini adalah wayang dan untuk pembuatan wayang tersebut kita bebaskan untuk masyarakat berkreasi dalam membuat produk-produk wayang yang akan kita kirabkan karena kita akan menggali lebih dalam potensi masyarakat dalam membuat produk untuk bahan baku kita bebaskan dengan kata lain tidak harus full rotan, bisa kombinasi antara besi dan rotan, bisa full sama sekali tidak berbahan rotan.

Intinya pada kirab budaya Grebeg Penjalin ke 6 kita ambil satu tema wayang, tinggal masyarakat Trangsan berkreasi membuat produk yang berkaitan dengan wayang seperti gunungan tokoh-tokoh pewayangan dan lain sebagainya. Adapun nantinya dari hasil produk yang dibuat setelah dikirab bisa untuk sarana selfie para pengunjung yang datang ke Desa Wisata Rotan Trangsan.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.