Diskominfo Pemkot Dapat Kunker Kadiskominfo Kabupaten Kotawaringin Timur

Kota Mojokerto, beritaterbit.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Multazam, mengungkapkan kesan positif atas kunjungan kerjanya ke Diskominfo Kota Mojokerto, Jumat (30/9/2022).

“Satu kata utama, luar biasa,” ujar Multazam saat diwawancara setelah berkeliling lantai 2, Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada Kota Mojokerto.

Pihaknya menganggap bahwa banyak hal yang dapat dijadikan pembelajaran dalam kunjungannya di kota bertajuk Spirit of Majapahit ini. Salah satunya ketika mengunjungi salah satu inovasi unggulan Diskominfo Kota Mojokerto, yaitu Telecenter Palapa yang juga terletak di lantai 2, MPP Gajah Mada Kota Mojokerto.

“Wah ini luar biasa. Ini yang tidak ada di tempat kami,” ujar Multazam saat mengunjungi Telencenter Palapa, didampingi oleh Kadis Kominfo Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias

Pihaknya mengapresiasi upaya Pemkot Mojokerto yang telah memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat terhadap akses teknologi dan literasi media. Mengingat aksesibilitas tersebut selama ini cenderung belum bisa menjangkau masyarakat kelas bawah dan difabel.

Perlu diketahui, Telecenter Palapa merupakan satu-satunya fasilitas edukasi TIK di Indonesia yang dengan terintegrasi dengan MPP. Beragam fasilitas gratis bisa didapatkan warga Kota Mojokerto jika mengunjungi lokasi tersebut seperti akses komputer, internet dan beragam pelatihan.

Sejumlah pelatihan yang biasa diselenggarakan yaitu pelatihan desain grafis bagi siswa SMP-SMA, pelatihan mendesain dan mengelola blog untuk UMKM, pengoperasian program Microsoft Office untuk siswa sekolah dasar dan mengenal dasar pengoperasian komputer untuk siswa TK.

Sebelum mengunjungi Telecenter Palapa, dalam kunjungan kerja kali ini Multazam juga berdiskusi dengan sejumlah jajaran Diskominfo Kota Mojokerto. Kedua belah pihak saling berbagi mengenai pengalam melaksanakan berbagai program di Diskominfo masing-masing.

“Ternyata sama-sama 50 daerah yang mendapat bimbingan Smart City di tahun 2022, jadi tentu banyak inovasi yang sedang dikembangkan. Bisa saling sharing dan mengisi. Banyak oleh-oleh yang bisa dibagikan ke teman-teman,” ucap Multazam di tengah diskusi yang berlangsung di ruang Kadis Kominfo pagi tadi. (*Ar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.