Bupati Eka Putra Teken MoU bersama BPOM Padang

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Sebagai implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) bersama Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang Firdaus Umar, S.Si. Apt di Gedung Indo Jolito, Batusangkar, Jumat (10/12/2021).

Eka Putra katakan, Nota kesepakatan ini merupakan bentuk sinergitas dan komitmen pemerintah dalam rangka perlindungan konsumen dari produk obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan atau persyaratan.

Lebih lanjut Eka Putra katakan pengawasan tersebut merupakan program yang melibatkan banyak sektor baik Pemerintah maupun Non Pemerintah.

“Banyak yang terlibat dalam perjanjian ini, maka dari itu perlu terjalinnya kerjasama, komunikasi, informasi dan edukasi yang baik, agar tujuan MoU ini dapat terlaksana dengan baik,” sampai Eka Putra.

Sementara Kepala BPOM Padang Firdaus Umar, S.Si. Apt mengatakan BPOM diamanatkan untuk berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah sebagai penguatan serta meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan.

“Kesepakatan ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dalam pengawasan Obat dan Makanan, sehingga masyarakat Tanah Datar khususnya terlindungi dari bahaya Obat dan Makanan yang dapat merugikan kesehatan,” ujar Firdaus Umar.

Selepas acara Bupati Eka Putra menyerahkan Sertifikat Penghargaan bagi Apotek, Toko Obat Dan Industri Rumah Tangga Pangan terbaik di tahun ini, yang memberikan pelayanan kefarmasian, peningkatan perekonomian, penyediaan pangan yang aman dan bermutu kepada masyarakat Tanah Datar.

Diantara penerima penghargaan tersebut diantaranya: Kategori Apotek Peringkat I, Apotek Asyifa; Peringkat II, Apotek Denza Farma dan Peringkat III Apotek Reno Sari.

Selanjutnya Kategori Toko untuk Peringkat I, II, III berturut-turut yaitu Toko Obat Dua Putra, Toko Obat One dan Toko Obat Radix.

Sedangkan, pada Kategori Industri Rumah Tangga Pangan Pertama Kacang GDR, Kedua Rangkiang Kaum dan Ketiga Cahaya Niaga.

Acara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis, Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Darfizal, Kepala Dinas PMPTSP Naker Zaratul Khairi, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Tanah Datar diwakili Sekretaris In Hendri Abbas, Kepala Dinas Pertanian diwakili Kabid Tanaman Pangan Wel Embra, Kepala Bagian Pem setda Tanah Datar Abdurahman Hadi serta undangan lainnya. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.