Bupati Salurkan Bantuan Korban Banjir di STL Ulu Terawas

Musi Rawas, beritaterbit.com – Setelah dua desa di Kecamatan STL Ulu Terawas yakni Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu terendam banjir pada Senin (28/05/2018), akibat meluapnya sungai Dulu dan Lakitan yang menyebabkan aktifitas masyarakat lumpuh total. Rencananya, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan akan meninjau lokasi banjir dan menyalurkan bantuan, Kamis (31/05/2018).

Hal ini di ungkapkan Plt Kadiskominfo Mura, M Rozak, bahwa, penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan respon Pemkab Mura terhadap bencana yang menimpa masyarakat saat ini bulan ramadhan.

“Diharapkan dengan kunjungan dan penyerahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” ujar M. Rozak.

Lanjut Plt Kadiskominfo, saat mendapatkan informasi terjadinya bencana alam ini, Bupati Musi Rawas telah menginstruksikan instansi terkait baik BNPB Musi Rawas, Dinsos, Dinkes dan pihak Kecamatan dan untuk terus memantau dan mendampingi masyarakat yang terdampak banjir baik di Kecamatan STL Ulu Terawas maupun di kecamatan lainnya.

Aktifitas warga khususnya di dua desa di Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas sejak Senin (28/5) kemarin, lumpuh total. Pasalnya, dua desa di kecamatan itu digenangi air setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 60 cm hingga 100 cm.

Genangan air yang masuk ke dalam rumah warga disebabkan meluapnya Sungai Dulu dan Sungai Lakitan akibat tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah itu dua hari terakhir.

Akibat banjir itu, sedikitnya tercatat 135 rumah warga terendam air diantaranya 20 KK di Dusun 2 Desa Sukamana dengan ketinggian air mencapai 60 cm. Untuk Dusun 1 Desa Sukamerindu sebanyak 78 KK dan di Dusun 4 Desa Sukamerindu sebanyak 40 KK dengan ketinggian air mencapai 1 meter.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Musi Rawas Eko Sepriwan didampingi petugas operator Pusdalops Novan, Selasa (29/5) mengatakan, pihaknya telah melakukan kaji cepat terhadap kejadian banjir di Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu Kecamatan STL Ulu Terawas ini.

Dari hasil kaji cepat Tim TRC BPBD Kabupaten Musi Rawas, pihaknya berkoordinasi kepihak Dinas Kesehatan untuk mendirikan posko kesehatan sesuai permintaan Kepala Desa setempat. Kemudian jelasnya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mendata jumlah KK yang terdampak banjir dan segera menurunkan bantuan logistik.(Herdianto)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.