Desa Lempopacci, Kecamatan Suli Siap Pulihkan Ekonomi Rakyat

LUWU/beritaterbit.com – Potensi yang berada di desa Lempopacci Kec. Suli Kabupaten Luwu, sangat menjanjikan. Hal ini tentu saja dapat mendorong pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga warga tidak lagi bergantung pada bantuan. Demikian Kepala Desa Lempopacci, Syahruddin, SE saat di temui beberapa waktu lalu.

“Kami memiliki potensi perkebunan dan pertanian yang sangat bagus untuk menopang perekonomian warga, sehingga warga tidak lagi bergantung pada bantuan,’ ujar Syahruddin.

Persoalan yang utama, lanjut Syahruddin adalah memperbaiki jalan tani dan menata kembali sarana dan prasarana. “Potensi desa bisa kita kembangkan untuk menambah ekonomi masyarakat desa Lempopacci dengan cara mendukung mereka membuatkan jalan tani yang memadai hingga nantinya akan mempercepat akses warga” jelasnya.

Jalan tani ini memiliki panjang 800 meter, dan harus dibangun segera. “Nah semakin bagus jalan taninya, maka saya yakin ekonomi warga pasti meningkat, karena produktivitas dapat tumbuh dengan pesat.’ Kata Syahruddin.
Soal kebun, kata Syahruddin, warga di desa ini memiliki perkebunan Coklat, “Tapi tidak semua warga memiliki kebun, selebihnya atau sekitar 5 persen berprofesi sebagai pedagang. Soal pemberdayaan masyarakat, kami juga sudah menjalankan program pelatihan jahit menjahit, serta latihan membuat kue” katanya.

Dia juga mengakui dengan musibah covid 19 ini, ternyata banyak menyita anggaran. Namun kades Syahruddin mengatakan telah memaksimalkan anggaran tersebut dengan memberdayakan masyarakat desa termasuk Karang Taruna. “Intinya kami akan memaksimalkan membantu warga yang terdampak Covid 19 ini termasuk melatih peningkatan SDM warga, Kami juga bersyukur karena musibah Covid 19 ini sudah berangsur- angsur pulih, bahkan sebahagian warga kami yang berprofesi sebagai pelaut sudah mulai berangkat melaut. Saya berharap badai Covid 19 ini segera berlalu, hingga perekonomian kerakyatan di desa kami dapat pulih kembali.” Tandas Syahruddin.

Penulis : yana better Luwu
Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.