Tingkatkan Profesionalitas, Ditjend IKP Kominfo Gelar Bimtek Media Center Wilayah Barat

Pekanbaru,BeritaTerbit.com – Sebagai upaya meningkatkan kemampuan teknis dalam pengelolaan media center daerah, Direktorat Jenderal (Ditjend) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada media center daerah wilayah barat di The Premiere Hotel Pekanbaru, Senin (4/3/2019).

Kasubdit Media Online Nurlaili dalam laporannya mengatakan, selain meningkatkan kemampuan teknis SDM, Bimtek ini juga untuk meningkatkan   kualitas dan kuantitas berita media center daerah untuk portal berita infopublik.id.

“Join program media center sudah ada sejak tahun 2006. Meskipun belum semua media center daerah mendapatkan bantuan infrastruktur media center dari Kominfo, tetapi banyak media center daerah yang sudah melakukan diseminasi informasi,” kata Nurlaili.

Nurlali juga mengungkapkan, setiap tahun Ditjend IKP menggelar 3 kali Bimtek perwilayah yaitu wilayah barat, wilayah tengah, dan wilayah timur.

“Untuk tahun 2019 ini direncanakan diadakan 5 kali Bimtek, dengan salah satu program Bimtek mengenai pembuatan foto jurnalistik,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Media Siti Meiningsih saat membuka kegiatan ini mengatakan, media center merupakan salah satu simpul jaringan diseminasi informasi strategis dan lokal agar terjadi pertukaran informasi dua arah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan tujuan 3E+1N.

“3E+1N adalah educating (mendidik), empowering (memberdayakan), enligtening (mencerahkan), nationalism (nasionalisme),” terangnya.

Melalui Bimtek ini, sambungnya, diharapkan kemampuan SDM media center daerah semakin berkembang. “Bimtek ini merupakan salah satu fokus yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya pengembangan SDM,” ujarnya.

Untuk diketahui, Bimtek ini digelar mulai tanggal 4 Maret hingga 6 Maret 2019 dengan tema Berita dan Foto Jurnalistik Online. Bimtek ini menghadiri narasumber Redaktur Berita dan Foto infopublik.id, Redaktur Senior Tempo, Redaktur Kompas.com, dan Fotografer Kompas.  Bimtek ini diikuti 50 media center wilayah barat. (Rls MC)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.