Tim Evaluasi Kemenpan RB RI Kunjungi Tanah Datar

Tanah Datar, beritaterbit.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) kunjungi Kabupaten Tanah Datar dalam rangka melaksanakan monitoring progres pembentukan dan pendampingan persiapan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Tanah Datar.

Tim Evaluasi disambut Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, jajaran kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten, serta instansi vertikal terkait, di Indojolito Batusangkar, Kamis (21/03).

Kegiatan tersebut diawali dengan kunjungan ke MPP Tanah Datar dan dilanjutkan dengan diskusi dan audiensi di Gedung Indojolito Batusangkar.

Dalam diskusi tersebut dibahas sejumlah hal berkaitan dengan kondisi MPP, persiapan peresmian hingga inovasi dan layanan apa saja yang telah dilaksanakan di MPP Tanah Datar.

Untuk diketahui, gedung MPP Tanah Datar telah diresmikan dan soft launching telah dilaksanakan pada Rabu (24/1/2024) lalu.

MPP Tanah Datar didirikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta mengintegrasikan layanan publik yang diselenggarakan terpadu pada satu tempat,sehingga masyarakat tidak perlu ke berbagai lokasi gedung atau unit pelayanan di Tanah Datar.

Jenis layanan yang disediakan di MPP Tanah Datar adalah:

1. Layanan Perizinan Berusaha serta Layanan Perizinan dan Non Perizinan oleh Dinas PMPTSP
2. Layanan Kart Pecari Kerja oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian
3. Layanan Cetak KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Dukcapil
4. Layanan Pengesahan Site Plan dan Penapisan Dokumen Lingkungan oleh Dinas PerkimLH
5. Layanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Informasi Pemanfaatan Ruang, dan Keterangan Rencana Kabupaten (KRK) oleh Dinas PUPR dan Pertanahan
6. Layanan Pajak Daerah dan BPHTB oleh Badan Pendapatan Daerah
7. Rekomendasi BBM Subsidi oleh Dinas KUKMP
8. Layanan Pemasangan Baru Air dan Pengaduan oleh Perumda Tirta Alami Batusangkar
9. Layanan Pembayaran berbagai pajak dan retribusi daerah dan pembayaran lainnya oleh Bank Nagari Cabang Batusangkar.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.