Tekan Angka Kemiskinan, Wawali Kumpulkan Camat dan Lurah

Bengkulu,BeritaTerbit.com – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengumpulkan seluruh Camat dan Lurah se Kota Bengkulu, Kamis (4/4).

Pengumpulan ini terkait verifikasi dan validasi data terpadu penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu Kota Bengkulu.

Seperti diketahui sebelumnya saat Musrenbang tingkat kemiskinan Kota Bengkulu terbilang cukup tinggi. Yakni mencapai 19,8%.

Bahkan dianggap sebagai ‘beban’ provinsi dalam mengentaskan kemiskinan.

“Apa benar kerja pemerintah selama ini tidak ada hasil bahkan mengalami penurunan? Padahal program pemerintah selama ini cukup baik,” kata Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi.

Wawali juga menegaskan bahwa bila ada masyarakat yang tidak masuk pada kriteria miskin tapi masih mengaku miskin akan ditindaklanjuti oleh pihak Kepolisian.

“Kalau ada masyarakat tidak miskin tapi mengaku miskin nanti pihak kepolisian akan membantu bapak ibu,” tegas Wawali kepada Camat dan Lurah yang hadir.

“Kita bukan membatasi bagi masyarakat yang menerima bantuan tapi penerima bantuan punya kriteria tersendiri,” sambungnya.

Ia juga meminta keseriusan Camat dan Lurah untuk membantu Dinas Sosial untuk mendata ulang terkait penduduk miskin kota Bengkulu.

“Memang leading sektornya di Dinas Sosial tapi Camat dan Lurah lah yang menjadi ujung tombak,” pintanya.

“Kita harus fokus untuk menyelesaikan masalah ini, Untuk itu kita perlu kerja sama bahkan tingkat RT karena mereka lebih mengetahui warganya,” lanjutnya.

Sementara itu Kadinsos Kota Bengkulu mengungkapkan bahwa untuk memverifikasi data masyarakat miskin juga akan melibatkan pihak berwajib guna keabsahan data.

“Kita sudah MoU dengan Kapolri untuk masalah data. Jadi saya berharap nantinya jangan sampai Camat atau Lurah berurusan dengan pihak berwajib gara-gara data,” terang Syahrul Tamzi. (Rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.