PD IWO Kabupaten Seluma Minta Disdikbud Seluma Tindak Tegas Oknum Guru PPPK yang Jadi Panwascam

Seluma, Beritaterbit.com – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Nofi Zelman SE meminta agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Seluma untuk serius dalam menyikapi masalah banyaknya oknum PPPK Guru yang rangkap jabatan menjadi Panwascam, Rabu (20/12/2023).

Menurutnya banyak dikalangan PPPK (Guru) merangkap Panwascam, jangan sampai ini menjadi preseden buruk di Kabupaten Seluma ini karena sudah banyak carut marut di wilayah Kabupaten Seluma ini. Mulai dari rekrutmen PPPK itu sendiri, transparasi anggaran dana belanja rutin OPD dilingkungan Pemda Seluma itu sendiri, serta pengerjaan kegiatan proyek dilingkungan dan wilayah Seluma banyak ditemukan pekerjaan asal jadi. Hal itu dibuktikan dengan audit BPK banyaknya temuan di lapangan.

Maka dari itu sudah sepatutnya surat edaran untuk guru Aparat Sipil Negara (ASN) atau guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang juga sebagai anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) harus membuat pilihan tidak boleh dua-duanya.

Hal itu menanggapi adanya anggota Panwascam di Kecamatan Air Periukan yang rangkap profesi sebagai Guru PPPK tetapi tidak mengindahkan surat edaran instruksi, untuk saat ini guru tersebut masih aktif sebagai anggota Panwascam dan belum mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PPPK atau Panwascam.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Seluma Nofi Zalman angkat bicara terkait permasalahan ini, bahwa guru ASN dan guru PPPK dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma apabila menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu atau sejenisnya sudah sepatutnya sesegera mungkin mengurus surat pernyataan bersedia diberhentikan sementara sebagai ASN dan PPPK atau sebaliknya.

Ketua IWO juga meminta agar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengambil sikap yang tegas karna sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa ASN dan PPPK tidak boleh merangkap jabatan.

“Jangan cuman memberi himbauan tanpa memberi sanksi, sebagai Kepala Dinas sekaligus Pembina kepegawaian maka dalam hal ini Kadis Dikbud harus berani mengambil kebijakan dan keputusan yang jelas,” ujar Nofi.

Sementara itu saat dikonfirmasi awak media melalui WhattsApp, Farzian S.Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Subandi, Kasubag Umum Kepegawaian sudah mendatangi Bawaslu dan berkoodinasi.

“Kami masih menunggu instruksi dulu dari Bawaslu,” tutupnya.

Dan Ketua PD IWO kabupaten Seluma juga meminta kepada Aparat Penegak Hukum untuk bersama-sama mengawasi dan menindaklanjuti apabila adanya penyalahgunaan dan pelanggaran dilingkungan Pemkab Seluma, baik pekerjaan fisik maupun nonfisik demi Seluma lebih baik kedepannya.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.