OPD Tanah Datar Diminta Segera Tindaklanjuti Pesan Mendagri untuk Menghindari Korupsi

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com– Selepas mengikuti Rapat Kerja (Raker) secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Senin (24/01), Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta agar Para Asisten dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tanah Datar segera lanjuti pesan Mendagri untuk menghindari korupsi.

“Para asisten, koordinasikan segera untuk melakukan tindakan selanjutnya hasil Raker bersama Mendagri ini, terutama dalam menangkal dan menghilangkan praktek korupsi,” tegas Eka Putra.

Eka Katakan, untuk menindaklanjuti pesan Mendagri itu, kedepannya akan diadakan rapat lanjutan dengan OPD dan instansi terkait lainnya terhadap teknis kerja untuk menghilangkan kemungkinan korupsi di Tanah Datar.

Ekajuga sampaikan, upaya menghindari korupsi ini sudah ada dalam program Pemda Tanah Datar yakni sesuai dengan Misi 2021-2026 pada poin 5 berbunyi “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel, Efektif dan Efesien”. ini menjadi dasar untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Di lingkup Pemda Tanah Datar ada 8 area intervensi yang menjadi aksi pencegahan korupsi upaya yang dilaksanakan yaitu, dalam perencanaan dan penganggaran menggunakan sistem yang sudah terintegrasi yakni SIPD, kemudian pelayanan perizinan berusaha dan non berusaha telah menciptakan aplikasi OSS RBA dan Sipintar untuk aplikasi non berusaha.

Dalam pengadaan barang dan jasa, sejak tahun 2020 Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) adalah unit kerja mandiri dan sudah berada di level 3 (proaktif) dan saat ini berusaha mencapai level 4 (strategis) dan level 5 (unggul).

Kemudian pengawasan, Pemerintah memaksimalkan Apara Pengawas Internal Pemerintah (APIP), manajemen ASN menerapkan Merryt System, serta langkah strategis lainnya dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penataan asset daerah, serta Tatacara Pengadaan Barang dan Jasa di Nagari telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 44/2021.

Bupati berharap kerjasama seluruh OPD untuk mewujudkan Pemerintahan Tanah Datar yang bersih dan bebea dari KKN. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.