Nasrun SE Kepala UPTD Bank Sampah Makassar, Dukung Sistem Pengelolaan Sampah dari Hulu ke Hilir

Makassar, Sulsel/beritaterbit.com – Program kebersihan Kota Makassar yang dicanangkan Walikota Makassar Danny Pomanto saat ini, tidak terlepas dari hadirnya Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Bank Sampah Induk yang dikepalai Nasrun, SE.

“Bank Sampah ini cukup membantu dalam pengelolaan sampah di tiap tiap rumah warga. Pemilahan sampah organik dan non organik ini dapat diubah menjadi nominal di Bank Sampah,” ujar Nasrun saat ditemui Jumat sore (7/1) di kantornya.

Dia juga bersyukur, sebab di tahun 2021 lalu, Bank Sampah Makassar telah melampaui target yang ditentukan pemerintah kota Makassar.

“Alhamdulillah dari target Rp.350 juta yang kami diberikan di tahun 2021 lalu, kami berhasil melebihi target dengan capaian Rp. 370 juta atau sekitar 108 persen,” ujar pria penggemar bola dan mancing ini.

Intinya sambung Nasrun, Bank Sampah saat ini memfokuskan kepada pelayanan, “Misi kami jelas, yakni memberi pelayanan dan focus membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi ditengah situasi masa pandemic Covid-19 saat ini. Caranya dengan mengajak masayarakat untuk menjadi unit bank sampah di masing masing wilayahnya,” jelas Nasrun.

Dengan misi “Sampah Bukan Barang Buangan, Tapi Berkah Bagi Kita” saat ini di UPTD Bank Sampah Kota Makassar terdapat 1000 lebih unit kerja Bank Sampah di 15 Kecamatan se-Kota Makassar.

”Hasil pengelolaan Bank Sampah ini tergolong bagus, dan mampu menaikkan income perekonomian warga, buktinya, saat ada pertemuan Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Tentang Bank Sampah di Jogjakarta, para kepala unit Bank Sampah di Makassar berangkat dengan biaya sendiri, tanpa dibantu oleh pemerintah. Terakhir kami dengar ada unit kami di Kecamatan Manggala, mampu membiayai kontrakan rumahnya hanya dengan pengelolaan Sampah ini,” terangnya.

Selama enam tahun Nasrun, dipercayakan sebagai kepala UPTD Bank Sampah di Makassar, dan selalu melebih target yang ditentukan. Pria yang bekerja dengan tidak kenal lelah itu, mulanya bekerja sebagai salah satu kepala seksi di Kelurahan Maloku Kecamatan Ujungpandang.

“Saya kemudian dipercayakan sebagai direktur Bank Sampah Sektoral kel Maloku yang membawa nama kelurahan ini menjadi juara umum tingkat Kecamatan dan juara 2 tingkat kota Makassar, hingga akhirnya saya dipercayakan sebagai kepala UPTD Bank Sampah Makassar sejak tahun 2016 lalu,” kata pria yang dikenal supel ini.

Baginya, mendukung program walikota Ir. H.Moh Ramdhan Pomanto adalah sebuah kewajiban sebagai abdi Negara.

“Apalagi program pak wali bagus dan menyentuh hajatan banyak orang, kami juga akan mendukung Program pak Wali dalam sistem pengelolaan sampah di Makassar dari hulu ke hilir,” tandasnya.

Laporan : Yana
Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.