Kunjungi ABB, TSR Khusus Pemda Tanah Datar Disambut dengan Air Nira

Tanah Datar, Beritaterbit.com – Air Nira (Niro) menjadi suguhan utama menu berbuka puasa yang disuguhkan oleh warga masyarakat. Nagari Andaleh Baruh Bukik (ABB) kepada Tim Safari Ramadhan (TSR) khusus Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Bupati Eka Putra.

Kali ini TSR Khusus kunjungi Mushalla Nurul Yaqin Linkungan Nagari ABB, Kecamatan Sungayang, Kamis malam (28/3/2024).

Ikut bersama rombongan Bupati Eka Putra, Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani, Sekretaris Dinas Kesehatan, Bagian Prokopim, Bagian Umum, Bagian Kesra dan Wartawan yang disambut langsung Camat Sungayang Narto bersama Forkopimca Sungayang, Wali Nagari se-Kecamatan Sungayang dan selalu masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra menyampaikan berbagai informasi terkait program unggulan Pemerintah Tanah Datar. Diantaranya, program berobat gratis.

“Bagi warga yang menunggak BPJS dan harus dirujuk ke RSUD lain, tetap akan kita dibiayai. Jangan takut berobat karena tidak punya biaya, Saya jamin kesehatan warga Tanah Datar,” tegas Bupati dihadapan warga setempat.

Selain itu, beberapa program lainnya juga disampaikan kepada warga, yakni program Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah yang menghasilkan lebih kurang 18.700 penghafal Al Quran di Tanah Datar.

Bupati Eka Putra juga menerangkan, bahwa bagi 7 orang anak yang hafalannya terbanyak dan terbaik juga akan diberikan reward dan diberangkatkan umroh. Yang lebih membanggakan, reward ini bukan berasal dari APBD namun berasal dari para donatur yang juga sangat mendukung program tersebut demi masa depan generasi muda Tanah Datar.

Bukan itu saja, kata Eka Putra, program Satu Nagari Satu Event tahun 2023 lalu yang dilaksanakan di puncak pato dengan kunjungan terbanyak yaitu 15 ribu dengan perputaran uang Rp 2,7 milyar.

Selain itu, tambah Bupati, program unggulan yang wajib diketahui dan dinikmati masyarakat Tanah Datar adalah makan rendang. Melalui program ini, masyarakat akan dibantu modal usaha maksimal Rp. 10 juta tanpa bunga dan agunan.

Terkait dengan keinginan masyarakat Jorong Lingkungan untuk memiliki sebuah Masjid, Bupati Eka Putra katakan sangat mendukung keinginan masyarakat.

Sebelumnya, Wali Nagari Andaleh Baruh Bukik Afrizal menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang pada Bupati dan rombongan, semoga kehadiran Bapak Bupati menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk membangun masjid dan kehadiran TSR dapat balasan dari Allah SWT.

Ucapan terima kasih juga disampaikan pengurus Mushalla Nurul Yaqin Rul Kenedi. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur pak Bupati sudah menetapkan Mushalla kami untuk di kunjungi TSR Khusus,” tukasnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.