KPU Bone Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekap Pemilu

Bone, Beritaterbit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Hotel Novena Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Kamis (29/2/2024).

Pembukaan rapat pleno oleh Ketua KPU Yusran Tajuddin yang dihadiri seluruh Komisioner KPU Bone, Pemda, Forkopimda, PPK para saksi, Bawaslu dan Panwas Kecamatan se-Kabupaten Bone.

Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin dalam sambutannya menjelaskan, rapat pleno ini ada 3 jenjang yang terjadi untuk rekap internal di KPU yakni rekap dan penghitungan suara yang terjadi di TPS, kemudian banyaknya yang tidak sesuai maka kita akan rapikan sesuai di jenjang kecamatan, serta banyak opini yang berkembang bahwa hasil rekapan itu error.

Lanjut kata Yusran, “Hal ini karena kemampuan KPPS kita menyalin atau menulis yang ada di TPS, kemudian terjadi hampir di semua kecamatan sehingga dianggap tidak sesuai data faktual yang terjadi saat rekap di TPS membuat teman-teman saksi keberatan,” jelasnya.

Setelah kami sudah jalani rekap ditingkat kecamatan yang terdiri dari 27 kecamatan dan dipastikan hampir semua partai politik punya saksi dalam proses rekapan hasil suara ditingkat kecamatan bahkan proses pun ada 4, 5 sampai 6 hari.

“Maka dari itu yang menjadi dasar hukum dari perolehan suara itu, kita tetap utamakan direkap pekerjaan semua tingkatan TPS, kecamatan dan kabupaten,” tandasnya.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.